Kelompok musik Efek Rumah Kaca (ERK) resmi merilis mini album berjudul ‘Jalan Enam Tiga’, Selasa, 28 Januari 2020 di M Bloc, Jakarta Selatan. Mini album ini bisa dikatakan sebagai kenang-kenangan sebelum si vokalis, Cholil dan keluarganya pulang dan kembali menetap di Tanah Air, meninggalkan New York, Amerika Serikat. Dengan memboyong seluruh personel ERK, mereka merekam lagu di sebuah studio di New York.

Suasana musim panas Kota New York nampaknya cukup mempengaruhi nuansa lagu-lagu yang ada dalam mini album tersebut. Menurut Cholil secara garis besar isinya terdengar lebih simple dan cerah. Kali ini ERK meninggalkan aransemen musik yang kompleks dengan durasi panjang yang selalu diusung mereka.

Konfrensi Pers Album Baru Efek Rumah Kaca foto - M Bloc
Konfrensi Pers Album Baru Efek Rumah Kaca foto – M Bloc

Di awal musim panas 2019, kedua personel ERK, Akbar Bagus Sudibyo (drum) dan Poppie Airil (bas) tinggal di apartemen Cholil selama tiga minggu untuk mengaransemen dan melatih keempat lagu dalam mini album tersebut, kemudian dilanjutkan dengan sesi rekaman yang digarap di Studio Trout di kawasan Brooklyn, New York.

Lagu baru mereka ditangani oleh penata suara kawakan yang telah bekerja sama dengan banyak musisi, Bryce Goggine dan master rekaman oleh penata suara Scott Hull. ” Boleh dikatakan ini hasil residensi, sepertinya sayang kalau tidak ada sesuatu setelah lima tahun di sini, LDR berjuang sebagai band,” ujar Cholil saat konferensi pers peluncuran mini albumnya di M Bloc, Jakarta Selatan.

Menurut Cholil, karena dibuat saat summer, nuansa lagunya terasa lebih ringan dan lebih ceria, sangat berbeda dengan dua album milik ERK sebelumnya. Bagi ERK, album ini ini menjadi ajang untuk mencoba wilayah nada baru.

Efek Rumah Kaca Rilis Mini Album foto - M Bloc
Efek Rumah Kaca Rilis Mini Album foto – M Bloc

Sementara mengenai pemilihan judul album ‘Jalan Enam Tiga’ merupakan penghargaan ERK terhadap program televisi Sesame Street sebagai perintis tayangan edukasi hiburan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak di seluruh dunia.

Konten Terkait:  Spasial, Cahaya Mewakili Ruang dalam Tubuh

Yang terbaru dari album ini adalah momen perdana bagi Poppie Airil -yang baru resmi bergabung dengan ERK di tahun 2017- untuk menyumbangkan lagu di ERK. Dari 4 lagu yang ada pada mini album ini, Poppie menciptakan 2 buah komposisi lagu, yakni “Jalan Enam Tiga” dan “Palung Mariana”.

Lagu ‘Normal Yang Baru’ dipilih menjadi lagu fokus dalam mini album ini karena terasa relevan dalam konteks bermasyarakat saat ini. “Banyak sekali orang yang hanya bisa menggerutu atau memilih untuk tidak acuh ketika terjadi sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, tanpa melakukan aksi untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik,” kata Cholil.

Konser ERK di M Bloc foto - M Bloc
Konser ERK di M Bloc foto – M Bloc

“Kalau tidak ada upaya untuk mengubah sesuatu yang buruk menjadi lebih baik berarti artinya kita sepakat akan keadaan yang berakibat keadaan tersebut lalu dianggap menjadi sebuah normal yang baru di masyarakat,” jelas Cholil mengenai tema yang diangkatnya pada lagu “Normal Yang Baru”.

Peluncuran album tersebut disertai konser pada Selasa malam itu di Live house M Bloc yang terletak di bilangan Blok M, Jakarta Selatan. Para penikmat musik dan penggemar ERK menjadi saksi bagaimana musik baru yang mereka suguhkan. Mini album Jalan Enam Tiga saat ini sudah dapat dinikmati pada berbagai layanan streaming musik dan juga tersedia dalam bentuk CD dan kaset mulai 28 Januari 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here