Tuhkastura adalah duo psikedelik Amirul Romadhon & Fajar Wicaksono. Bermukim di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, yang sebagian besar wilayah demografinya berupa dataran tinggi & pegunungan, seolah menjadi instrumen tambahan bagi Tuhkastura untuk terus mengeskplorasi sudut-sudut eksotis di dalamnya, sekaligus menjadi representasi di tiap karya yang mereka suguhkan.

Tepat satu tahun pasca rilis debut single mereka, “Exist in Harmony at the Center of the Universe”, mereka kembali menyapa blantika lewat sajian audio-visual terbarunya. Dua video musik dengan format yang berbeda, mereka luncurkan.

Karena itu, dua  video musik yang baru mereka rilis ini masih mengusung tema & konsep luar ruangan yang nyaris serupa. Single terbaru mereka yang berjudul “Hope” menjadi perkenalan kedua bagi perjalanan musik  Tuhkastura.

Dikemas dalam format video lirik, mereka memilih latar sebuah area persawahan hijau di salah satu ruas desa di Ponorogo. Video lirik ini digarap oleh “Distorsi Visual” dengan cast duo balita bernama Ziva & Zahira yang diberi kebebasan untuk menginterpretasikan lagu ini selama proses pengambilan gambar.

Duo Psikedelik Tuhkastura foto - Dok Pri
Duo Psikedelik Tuhkastura foto – Dok Pri

Hanya berselang 3 hari setelah merilis video lirik “Hope”, Tuhkastura kembali melepas sebuah video live session yang mengambil setting lokasi di puncak Watu Semaur, Kec Ngrayun, Ponorogo. Dari atas ketinggian 200 meter, di sesi live ini mereka dibantu oleh Glagah (gitar), Rere (synth), & Yoga (drum) dengan membawakan dua buah single yaitu: “Exist in Harmony…” dan satu lagu daur ulang milik Pink Floyd, “Comfortably Numb”.

Adapun tentang hal apa yang melatar-belakangi mereka untuk merilis dua buah video musik di waktu yang begitu berdekatan, Amirul Romadhon, frontman mereka memberikan alasan. “Sekilas memang rada menyalahi aturan atau pola timeline promosi yang sewajarnya, namun kami rasa hal tersebut perlu dicoba,” kata dia saat ditemui beberapa waktu lalu.

Konten Terkait:  Sastra Bulan Purnama menampilkan Forum Penyair Bulaksumur, 5 Jan 2015

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here