Salah satu bangunan peninggalan zaman kolonial di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, adalah Eks Kantor Sinder Tebu yang berada di Dusun Madugondo, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan. Bangunan ini menghadap ke arah barat. Gaya bangunan ini campuran Jawa dan kolonial.

Unsur gaya bangunan tradisional Jawa pada Eks Kantor Sinder Madugondo adalah gaya atapnya, yakni limasan. Sedangkan gaya kolonial dari bangunan ini dapat dilihat dari sistem sirkulasi udara yang berbentuk jeruji kayu dan lubang angin yang berada di bagian atap yang sering juga disebut dengan istilah dormer. Dormer pada bangunan ini dibuat di atap bangunan bagian depan-tengah.

Bangunan ini memiliki satu aula dan dua kamar. Denah bangunan berbentuk persegi panjang. Dinding aula dari bangunan ini terbuat dari susunan papan kayu berbingkai plat logam yang dipasang dengan sistem knock down. Sedangkan dinding dua kamar yang terletak di bagian belakang terbuat dari tembok.

Dormer di bagian atap depan bangunan Eks Kantor Sinder Madugondo-Foto-A.Sartono
Dormer di bagian atap depan bangunan Eks Kantor Sinder Madugondo-Foto-A.Sartono

Dua kamar tersebut dipisahkan oleh lorong di bagian tengah. Pintu kamar saling berhadapan dan ambang pintu masing-masing kamar tersebut berbentuk melengkung. Dua buah kamar ini sekarang dimanfaatkan untuk gudang. Bagian paling belakang dari bangunan ini dulu merupakan bangunan semi permanen tanpa dinding yang dimanfaatkan untuk garasi.

Atap bangunan ini disangga oleh enam tiang utama yang terbuat dari kayu serta delapan buah tiang utama yang juga terbuat dari kayu. Masing-masing diberi alas berupa umpak yang terbuat dari plesteran semen. Pada saat ini tiang-tiang penanggap ini dibuat menyatu dengan dindingnya sekalipun dapat dilepas-pasangkan.

Bangunan Eks Kantor Sinder Madugondo dilihat dari selatan-barat-Foto-A.Sartono
Bangunan Eks Kantor Sinder Madugondo dilihat dari selatan-barat-Foto-A.Sartono

Bangunan Eks Kantor Sinder Madugondo pada saat sekarang dimanfaatkan untuk kegiatan Satuan PAUD Sejenis (SPS). Bangunan yang didirikan pada tahun 1925 ini pernah pula digunakan sebagai Madrasah Diniyah Madugondo. Selain itu, bangunan ini juga pernah digunakan sebagai Kantor Kalurahan Sitimulyo yang pertama. Kondisi bangunan Eks Kantor Sinder Madugondo hingga saat ini masih terawat dengan baik.

Konten Terkait:  Serat Centhini 1: Novelisasi Serat Centhini Supaya Mudah Dipahami Masyarakat Awam

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here