Semua Hari pada Pekan Ini Tergolong Baik untuk Melangsungkan Pernikahan

Pekan ini Wuku Gumbreg siklus minggu keenam, dari 30 minggu yang ada, penanggalan Jawa 16 - 22 Jumadilawal, tahun Wawu 1953, periode 12 s/d 18 Januari 2020

Oleh: Herjaka HS - 195 0 Facebook - Twitter - Pinterest - WhatsApp

Pranatamangsa: memasuki Mangsa Surya VII (Kapitu) umurnya 43 hari, mulai 22 Desember 2019 s/d 3 Februari 2020. Candranya: “Wisa Kentir ing Maruta” artinya angin yang membawa racun, musim penyakit. Orang yang dilahirkan pada mangsa ini mempunyai watak suka memukul atau cengkiling.

Sementara itu, menghitung hari baik, untuk bepergian jauh memakai perhitungan panca suda. Panca artinya lima dan suda artinya dikurangi. Ada lima yang dihitung dengan urutan: 1. Suku, 2. Watu, 3. Gajah, 4. Baya, 5. Ratu, tetapi hanya satu angka yang dipakai yaitu angka yang jatuh pada akhir dari hitungan angka yang ada. Caranya dengan menghitung neptunya (jumlah angka hari lahir ditambah jumlah angka pasaran). Jumlah tersebut dihitung, jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Paing, 12 Januari 2020, kalender Jawa 16 Jumadilawal, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Paing, 5 + 9 = 14, jatuh pada perhitunganbaya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut‘NUJU PATI’ dukacita dan sengsara. Naga dina berada di ‘kidul kulon’ (barat daya).

Senin Pon, 13 Januari 2020, kalender Jawa 17 Jumadilawal, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Pon, 4 + 7 = 11, jatuh pada perhitungansuku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut ‘DEMANG KANDHUWURAN’ sakit-sakitan. Naga dina berada di ‘wetan’ (timur).

Selasa Wage, 14 Januari 2020, kalender Jawa 18 Jumadilawal, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Wage, 3 + 4 = 7, jatuh pada perhitunganwatu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut‘MANTRI SINAROJA’ disenangi orang banyak. Naga dina berada di ‘lor wetan’ (timur laut).

Konten Terkait: Sejarah Mengerikan Kali Angke 1740

Rabu Kliwon,15 januari 2020, kalender Jawa 19 Jumadilawal, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Kliwon 7 + 8 = 14, jatuh pada perhitunganratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Timur, tempat Kala berada.

Untuk pindah rumah disebutPITUTUR, banyak masalah. Naga dina berada di ‘kidul wetan’ (tenggara). 

Kamis Legi, 16 Januari 2020, kalender Jawa 20 Jumadilawal, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Legi 8 + 5 = 13, jatuh pada perhitungangajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya tempat Kala berada.

Untuk pindah rumah disebutSATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak. Naga dina berada di ‘lor kulon’ (barat laut).

Jumat Paing, 17 Januari 2020, kalender Jawa 21 Jumadilawal, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Paing, 6 + 9 = 15, jatuh pada perhitunganratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Timur tempat Kala berada.

Untuk pindah rumah disebut‘MANTRI SINAROJA’ disenangi orang banyak. Naga dina berada di ‘kidul wetan’ (tenggara).

Sabtu Pon,18 Januari 2020, kalender Jawa 22 Jumadilawal, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Pon  9 + 7 = 16, jatuh pada perhitungansuku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut‘NUJU PATI’ dukacita dan sengsara. Naga dina berada di ‘wetan’ (timur).

Jika yang dituju mengarah pada tempat Kala berada dapat disiasati dengan cara sebagai berikut. Sewaktu pertama kali melangkah meninggalkan rumah menghindari arah Kala berada.  Baru setelah cukup jauh meninggalkan rumah, arah dapat diubah ke arah yang dituju.