Di Balik Kisah Album Sangkakala foto - Dok.Podomoro
Di Balik Kisah Album Sangkakala foto - Dok.Podomoro

Sejatinya musik bukan sekadar bunyi-bunyian yang sifatnya menghibur. Lebih dari itu, musik merupakan representasi kondisi sosial masyarakat tertentu pada waktu tertentu. Di balik musik, kita dapat mengetahui pengetahuan-pengetahuan lain seperti, politik, budaya, sejarah, dan lainnya. Begitu juga dengan musik populer yang mempunyai rangkaian sejarahnya sendiri.

Peran Yogyakarta memang sejak lama menjadi “rumah” bagi banyak seniman dan pegiat kebudayaan populer. Di lain sisi, sejak awal 90-an Yogyakarta telah menjadi tempat yang subur bagi banyak anak muda yang tak puas dengan musik yang ditawarkan oleh media arus utama. Berbagai jenis musik ‘bawah tanah’ pun tumbuh pesat, dan menjadi identitas baru anak muda.

Ada 10 film terpilih di Bioskop Podomoro Yogyakarta kali ini. Film-film tersebut bercerita tentang kelompok musik, mulai biografi, kehidupan di balik layar, cerita pertunjukan, hingga pengalaman selama tur di negara lain. Film-film ini rata-rata digarap oleh sutradara film yang sengaja menjadikan musisi sebagai subjeknya.

‘Rubah di Selatan Europe Tour (2018)’ merupakan kumpulan data rekam perjalanan panjang Rubah di Selatan mulai dari awal terbentuk, hingga mendapatkan kesempatan untuk tur ke 4 negara di Eropa. ‘Berdansa Bersama Shaggydog’ (2013) karya EF Tedjobaskoro berkisah tentang 15 tahun perjalanan band ska asal Yogyakarta ini. Di film ini bisa disaksikan bagaimana konsistensi dan komitmen yang kuat dari sebuah kelompok musik yang bertahan lebih dari 20 tahun dan memiliki jadwal tur yang padat hingga hari ini.

Agenda Pemutaran Film Musik di Podomoro foto - Dok.Podomoro
Agenda Pemutaran Film Musik di Podomoro foto – Dok.Podomoro

‘We Are Monster’ (2012) adalah sebuah film tentang Captain Jack. Band Rock yang besar di Yogyakarta dan memiliki fans fanatik bernama ‘Monster jacker’ ini sempat hilang dari hingar bingar musik. Belakangan ini keempat personel mereka kembali bergabung dan menggelar konser untuk membangunkan ‘monster-monster’ yang tertidur. Lewat ‘We Are Monster’ karya Deveri Dinarto, kita diajak melihat kembali bagaimana kebersamaan mereka beberapa tahun silam.

Konten Terkait:  Dongbang dari Taiwan di Mes 56

Beberapa film lain yang diputar di Bioskop Podomoro adalah; ‘100.000 Hari’ (2018) film tentang Jono Terbakar karya Nihan Lanisy, ‘Inside Your Shoes’ (2009) tentang Risky Summerbee & The Honeythief karya Ananto Prasetyo, Bramyantoko, ‘Moviemetalithcum'(2014) tentang band rockabupaten Sangkakala karya Djati Wowok Pambudi, ‘Dawai’ (2019) karya Agni Tirta & Nadia AlHaq tentang sound artist yang juga gitaris Sangkakala yang mencoba menelusuri kepingan – kepingan sejarah kolonialisme, rempah melalui project solonya, ‘Hiphopdiningrat’ (2010) tentang Jogja Hip Hop Foundation karya Marzuki Mohammad & Chandra Hutagaol, dan Punkasila; The First Indonesian Band In Cuba (2009) karya Siska Raharja.

Film Tentang Perjalanan Musik Rubah di Selatan foto - foto - Dok. Podomoro
Film Tentang Perjalanan Musik Rubah di Selatan foto – foto – Dok. Podomoro

Sementara itu ada satu film fiksi berjudul ‘Rockstar Wingit’ (2019) yang disutradarai oleh Kikiretake. Film ini mengisahkan Dastin, seorang rocker yang sedang terpuruk dan menghadapi banyak masalah. Dit engah keterpurukan tersebut, ia menemui hal aneh di dalam kamarnya. Hingga pada suatu petang, Dastin mengalami kejadian gaib yang menuntunnya bebas dari keterpurukan.

Memang masih ada beberapa film tentang kelompok musik di Yogyakarta, namun untuk perhelatan kali ini, 10 film tersebut dirasa cukup untuk menjadi bahan diskusi para peminat musik. (*)

Jadwal Pemutaran

Senin, 16 Desember 2019 jam 14.00 wib
Berdansa Bersama Shaggydog
Rockstar Wingit

Kamis, 19 Desember 2019 jam 14.00 wib
We Are Monster
100.000 Hari

Senin, 23 Desember 2019 jam 14.00 wib
From Paris to Paris
Moviemetalithicum

Kamis, 26 Desember 2019 jam 14.00 wib
Hiphopdiningrat
Punkasila

Senin, 30 Desember 2019 jam 14.00 wib
Inside Your Shoes
Dawai

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here