Pekan Ini Semua Hari Baik, Masuk Siklus Wuku Terakhir

Memasuki siklus Watugunung, Pawukon minggu ke-30, siklus terakhir dari putaran perhitungan wuku, penanggalan Jawa 3 - 9 Bakdomulud, tahun Wawu 1953, periode 1 s/d 7 Desember 2019

Oleh: Herjaka HS - 63 0 Facebook - Twitter - Pinterest - WhatsApp

Pranatamangsa: memasuki Mangsa Surya VI (Kaenem) umurnya 43 hari mulai dari 9 November sampai dengan 21 Desember atau 9 Mulud sampai dengan 23 Bakdomulud. Candranya: Rasa Mulya Kasucian, datangnya musim penghujan, ditandai dengan musim buah-buahan, di antaranya mangga, rambutan, durian. Orang yang lahir di musim ini wataknya sombong, tetapi cerdas.

Sementara itu, menghitung hari baik, untuk bepergian jauh memakai perhitungan panca suda. Panca artinya lima dan suda artinya dikurangi. Ada lima yang dihitung dengan urutan: 1. Suku, 2. Watu, 3. Gajah, 4. Baya, 5. Ratu, tetapi hanya satu angka yang dipakai yaitu angka yang jatuh pada akhir dari hitungan angka yang ada. Caranya dengan menghitung neptunya (jumlah angka hari lahir ditambah jumlah angka pasaran). Jumlah tersebut dihitung, jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Kliwon, 1 Desember 2019, kalender Jawa tanggal 3 Bakdomulud, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Kliwon, 5 + 8 = 13, jatuh pada perhitungangajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat Kala berada. Untuk pindah rumah disebutMANTRI SINAROJAdisenangi orang banyak.

Senin Legi, 2 Desember 2019, kalender Jawa tanggal 4 Bakdomulud, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Legi, 4 + 5 = 9, jatuh pada perhitunganbaya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebutNUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Selasa Paing, 3 Desember 2019, kalender Jawa tanggal 5 Bakdomulud, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Paing, 3 + 9 = 12, jatuh pada perhitunganwatu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebutDEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Konten Terkait: Pementasan Amangkurat Mengiringi Pengumuman Sayembara Penulisan Lakon Ketoprak

Rabu Pon,4 Desember 2019, kalender Jawa tanggal 6 Bakdomulud, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Pon, 7 + 7 = 14, jatuh pada perhitunganbaya tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebutMANTRI SINAROJAdisenangi orang banyak.

Kamis Wage, 5 Desember 2019, kalender Jawa tanggal 7 Bakdomulud, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Wage, 8 + 4 = 12, jatuh pada perhitunganwatu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebutNUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Jumat Kliwon, 6 Desember 2019, kalender Jawa tanggal 8 Bakdomulud, tahun Wawu 1953, haribaik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Kliwon, 6 + 8 = 14, jatuh pada perhitunganbaya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebutDEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Sabtu Legi,7 Desember 2016, kalender Jawa tanggal 9 Bakdomulud, tahun Wawu 1953, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Legi  9 + 5 = 14, jatuh pada perhitunganbaya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebutMANTRI SINAROJAdisenangi orang banyak.

Jika arah berpergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah.