Obrolan Ringan dalam Bahasa Jawa Dialek Pekalongan

0
77

Bahasa Jawa punya aneka ragam idiom dan dialek. Idiom dan dialek  merupakan ciri khas yang membedakan antara satu daerah dengan daerah yang lain. Misalnya bahasa Jawa di daerah Tegal dengan daerah Klaten, Yogyakarta atau daerah lain. Idiom dan dialek adalah salah satu bentuk kekayaan bahasa.

Buku ini ‘membicarakan’ tentang bahasa Jawa dialek Pekalongan,  yang merupakan salah satu daerah yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Pekalongan adalah daerah perdagangan sejak berabad lampau yang sering disinggahi pedagang dari jauh, semisal Tiongkok dan Arab. Tidak mengherankan apabila dalam masalah bahasa juga mendapat pengaruh.

Isi buku ini dibuat dalam bentuk cerita dengan tokoh-tokoh tertentu. Dalam idiom dan dialek Pekalongan mereka (para tokoh) membicarakan tentang berbagai kejadian sehari-hari yang mereka lihat atau alami. Bahasanya ringan dan mudah dimengerti serta ada unsur menghibur. Bagi penulis buku ini (yang lahir dan besar di Pekalongan) mendokumentasikan melalui tulisan merupakan tanda cinta terhadap bahasa tersebut. Juga salah satu langkah untuk melestarikannya.

Judul: Thek Dheng…Thek Dheng… Kumupulan Kolom Warung Megana 2 Berdialek Pekalongan
Penulis: Iyeng Setiawati
Penerbit: Sanggar Krida, 2015, Semarang
Bahasa: Jawa dialek Pekalongan
Jumlah halaman: x + 210

Konten Terkait:  Tiba-tiba Inem yang Menghebohkan Malioboro Datang ke Tembi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here