Permainan Tradisional yang Mendidik 2
Permainan Tradisional yang Mendidik 2

Permainan tradisional merupakan aset budaya yang tak ternilai harganya. Permainan tradisional atau permainan rakyat ini pada masa lalu merupakan hal yang sangat familier. Hampir setiap saat ada saja yang memainkannya, terutama anak-anak. Regenerasi dilakukan secara langsung, yaitu praktik di lapangan. Permainan ini sangat populer karena anak-anak masih mempunyai banyak waktu luang dan pilihan permainan lain belum banyak atau nyaris tidak ada. Keberadaannya mulai tersisih dengan hadirnya media lain seperti televisi, handphone dan lain-lain.

Permainan tradisional ini dapat dilakukan seorang diri, bersama-sama, juga bisa berupa pertandingan baik perorangan maupun beregu. Ada yang cukup dengan duduk dan  tidak berpindah tempat seperti congklak atau dakon, ada pula yang  bergerak meninggalkan tempat semula misalnya permainan tawan atau tawanan.  Ada yang memerlukan alat-alat tertentu seperti layang-layang, tetapi ada pula yang tidak memerlukan alat misalnya petak umpet. Permainan tradisional bahkan mendidik anak untuk memanfaatkan apa yang ada.  Misalnya permainan kuda-kudaan dengan menggunakan pelepah pisang.

Permainan tradisional banyak mengandung nilai-nilai sosial, seperti kekompakan dan kerja sama, solidaritas, tolong menolong, mau menerima kekalahan, kritikan dan hukuman. Juga melatih untuk berpikir secara cepat, tepat, logis, kritis dan seimbang. Secara langsung maupun tidak langsung permainan tradisional ikut berperan membentuk fisik, mental dan pribadi seseorang.

Buku ini berisis 33 permainan tradisional dengan penjelasannya. Jumlah pemain, alat atau media yang digunakan, cara bermain, jenis kelamin dan rata-rata umur pemain. Beberapa disebutkan asal mula permainan tersebut.

Judul: 33 Permainan Tradisional yang Mendidik
Penulis: Dani Wardani
Penerbit: Cakrawala, 2010, Yogyakarta
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 88

Konten Terkait:  Latar Kisah Tradisi Malam Midodareni

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here