Bandung oleh Belanda mendapat julukan Parijs van Java. Demikian pula di Sumatera, ada dua tempat yang mendapat julukan Parijs van Sumatera, yaitu Medan (Sumatera Utara) dan Bukittinggi. Bukittinggi adalah sebuah tempat di sebelah utara kota Padang, jaraknya sekitar 91 km. Di tempat ini, Belanda pada sekitar tahun 1825—1826 mendirikan sebuah benteng yang diberi nama benteng Fort de Kock, terletak di bukit Jirek, sekitar 300 meter utara pasar Bukittinggi.

Pasar Fort de Kock Bukittinggi di halaman sampul majalah Kajawen tahun 1928-foto repro-suwandi
Pasar Fort de Kock Bukittinggi di halaman sampul majalah Kajawen tahun 1928-foto repro-suwandi

Dulu pasar itu bernama Pasar Ateh. Setelah berdiri benteng Fort de Kock, maka pasar itu seringkali disebut juga Pasar Fort de Kock. Hingga tahun 1928, Pasar Fort de Kock termasuk salah satu pasar teramai di daerah Sumatera Barat. Maka tidak ayal, ketenaran pasar itu sampai diberitakan di sebuah majalah berbahasa dan beraksara Jawa, Kajawen. Bahkan fotonya menjadi halaman sampul majalah itu pada edisi nomor 28—29 tertanggal 11 April 1928.

Pada halaman sampul majalah itu, di atas foto ada tulisan Jawa, yang bunyinya “Fort de Kock, Sumatera sisih Kilen”, yang artinya “Fort de Kock, Sumatera bagian Barat (Sumatera Barat)”. Lalu di bawah foto juga ada tulisan Jawa, yang berbunyi “Ing nginggil punika gambar lumahing peken ing Fort de Kock, agenging peken saged nitik saking jenggereng tuwin kathahing tetumpakan. Ing tengahing peken wau wonten pal mawi reca pasemon, inggih punika reca Mercurius dewaning dagang”. Yang artinya kurang lebih “di atas itu gambar kondisi Pasar Fort de Kock, besarnya pasar dapat diketahui dari kemegahan dan banyaknya kendaraan angkutan. Di tengah pasar itu juga ada tugu yang ada arcanya sebagai simbol dewa perdagangan yaitu Mercurius”. Terlihat di foto, bahwa situasi pasar sudah sangat ramai di tahun 1928.

Konten Terkait:  Pengurus Pepadi Bantul 2017 – 2022 Siap Lestarikan Wayang
Suasana saat ini Pasar Bukittinggi dan Jam Gadang-foto-istimewa
Suasana saat ini Pasar Bukittinggi dan Jam Gadang-foto-istimewa

Hingga saat ini pasar tersebut sangat terkenal dan sangat ramai. Saat ini di pasar tersebut ada sebuah tugu yang terkenal dengan nama jam Gadang. Tidak diketahui apakah tugu yang ada arca Mercurius tersebut masih ada atau tidak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here