Pada tanggal 20 September 2019 ini, Museum Biologi UGM Yogyakarta genap berusia 50 tahun atau setengah abad. Saat ulang tahunnya kali ini, Museum Biologi menggelar acara open house dan seminar. Open House digelar pada tanggal 16-20 September pukul 08.00-15.30 WIB, sementara seminar digelar pada tanggal 21 September 2019 bertempat di Auditorium Fakultas Biologi pukul 08.30—13.30 WIB. Selama open house, museum dibuka untuk umum dan gratis.

Launching Open House Museum Biologi UGM Yogyakarta, digelar pada hari Senin, 16 September di museum itu yang beralamat di Jalan Sultan Agung 22, Yogyakarta. Dalam launching open house, dihadiri oleh tamu undangan, baik dari kalangan civitas akademika Biologi UGM, kepala-kepala museum di DIY, pengurus Barahmus DIY, maupun pelajar, dan guru SD, SMP, serta SMA di Kota Yogyakarta.

Pengunjung melihat koleksi herbarium di Museum Biologi UGM saat kegiatan open house-foto-suwandi

Sambutan launching open house disampaikan oleh Wakil Rektor II Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, drg. Ika Dewi Ana, M.Kes, PhD. dan Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Dr. Budi Setyadi Daryono, M.Arg., Sc. Kepada tamu undangan Budi Setyadi Daryono mengatakan bahwa dalam usia yang ke-50, Museum Biologi mempunyai dua rencana ke depan, yaitu akan terus menambah koleksi, memperbaiki koleksi yang rusak serta mengkomunikasikan koleksi kepada pengunjung. Selain itu ke depan, koleksi-koleksi kunci dan utama akan tetap ditampilkan, jika suatu saat Museum Biologi telah menjadi fungsi lain.

Launching Open House diresmikan dengan pengguntingan pita oleh Wakil Rektor II UGM disaksikan oleh semua tamu undangan. Usai peresmian, semua undangan disuguhi oleh empat koleksi flora yang baru saja selesai direstorasi, yaitu Kepel, Keben, Tanjung, dan Jambu Dersana. Keempat koleksi itu ditempatkan di ruang depan, dekat dengan kerangka gajah. Kebetulan empat herbarium tersebut memiliki makna filosogi bagi masyarakat Yogyakarta. Tamu undangan juga dipersilakan melihat-lihat koleksi fauna lain yang telah diawetkan di Museum Biologi, seperti aneka burung, ular, kerangka, harimau, penyu, kura-kura, dan lainnya. (*)

Konten Terkait:  Hari Ini Kustomfest 2019 Digelar di Jogja Expo Center, Hadirkan Aneka Kustom Kendaraan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here