Sebuah lagu berjudul ‘Papua Bangkit’ diinisiasi oleh Komunitas Musisi dan Penyanyi Papua (Kompipapua) yang melibatkan sejumlah musisi besar seperti Edo Kondologit, Nowela Elizabeth Auparay, Nobo Sasamu, Frans Sisir, dan masih banyak lagi. Guna menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Papua untuk pertama kalinya pada 2020, mereka membuat lagu sebagai ajang promosi sekaligus ajakan untuk menyukseskan event tersebut.

Davis Sambuya, selaku ketua Kompipapua mengatakan peluncuran single ini merupakan salah satu rangkaian menuju perhelatan besar PON 2020. “Kami para musisi yang berasal dari Papua memiliki keinginan untuk mengenalkan Papua lewat musik. Kami berharap musik yang kami berikan ini membuat masyarakat di sana bangkit dan menyambut perhelatan besar ini agar nama Papua semakin dikenal di mata masyarakat Indonesia,“ ungkap Davis.

Nowela Siap Banggakan Papua foto – Titien Natalia

Sebanyak 14 musisi dan seniman ikut terlibat dalam proyek tersebut. Para musisi ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena menunjuk tanah Papua sebagai tempat penyelenggaraan PON. “Single ini untuk memberikan sebuah sumbangsih karena Papua diberikan kepercayaan besar untuk menjadi tuan rumah. Artinya, seluruh kontingen ke Papua. Tetapi sepertinya gaungnya masih kurang greget, masih kurang kedengaran. Jadi, kami buat sesuatu agar masyarakat, adik-adik di Papua sadar bahwa Papua akan menjadi tuan rumah event besar, event penting,” kata penyanyi Edo Kondologit di acara konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Edo juga berharap event ini menjadi momentum Papua untuk bangkit, apalagi Papua memiliki potensi kekayaan alam, ragam budaya, pariwisata, dan lainnya, ditambah infrastruktur yang semakin baik. “Ini saatnya kita bangkit dan dan sadar agar tidak terus tertinggal,” ujar penyanyi asal Sorong tersebut.

komunitas musisi papua foto – Titien Natalia

Penyanyi jebolan Indonesia Idol dan anak asli Papua, Nowela, juga merasa bangga sekaligus merasa bertanggung jawab untuk turut menyukseskan event olahraga nasional tersebut. “Saya super excited, saya akan bantu apapun yang saya bisa, saya berharap apa yang kami lakukan ini merupakan gebrakan yang akan membuat masyarakat Papua semangat menjadi tuan rumah PON 2020, kita harus maksimal dan keren,” tutur wanita kelahiran Wamena 19 Desember 1987 ini.

Meski ‘Papua Bangkit’ belum ditunjuk sebagai Theme Song PON 2020 mereka tidak khawatir, karena sebagai musisi Papua mereka rindu untuk memberitahukan karya-karya mereka kepada masyarakat yang lebih luas. Mereka berkarya untuk masyarakat Papua agar mempersiapkan event ini dengan matang dan penuh semangat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here