Pada Selasa, 23 Juli 2019, Jalan Malioboro Kota Yogyakarta lengang oleh berbagai macam bentuk kendaraan, karena bertepatan dengan hari Selasa Wage. Semenjak siang hingga malam hari di sepanjang jalan itu, orang-orang dengan bebas melakukan aktivitas jalan kaki maupun bersepeda di Jalan Malioboro sambil menikmati berbagai atraksi budaya yang disajikan oleh berbagai elemen masyarakat Yogyakarta, mulai dari campursari, jathilan, reog, pemutaran film, macapatan, sarasehan, hingga pertunjukan barongsai.

Acara macapatan di depan pintu masuk Malioboro Mall saat Selasa Wagen-foto-suwandi

Berbagai atraksi budaya itu ditampilkan di beberapa titik, seperti di titik nol kilometer, di depan Pasar Beringharjo, di depan Malioboro Mall, di depan DPRD DIY, dan di depan pintu gerbang Ketandan. Masyarakat Yogyakarta dan wisatawan luar negeri maupun lokal tumplek blek di hari Selasa Wage, yang kemudian dikenal dengan Selasa Wagen.

Atraksi Barongsai yang tampil di depan pintu Ketandan Malioboro saat acara Selasa Wagen-foto-suwandi

Selasa Wage adalah hari nepton Sri Sultan Hamengkubuwana X. Hari nepton adalah perpaduan antara perhitungan Saptawara (hitungan 7 hari dalam seminggu) dengan Pancawara (hitungan 5 hari dalam pasaran Jawa). Hitungan nepton akan berulang setiap 35 hari atau sering disebut selapan.

Sejak tahun 2017, para pedagang di Malioboro memperingati hari itu untuk bersih-bersih Malioboro untuk mengingat hari nepton rajanya. Lambat laut, setelah pendestrian Malioboro sisi barat rampung di tahun 2019, hari Selasa Wagen tetap digalakkan, dengan menampilkan berbagai atraksi budaya yang menjadi kebanggan Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa.

Penampilan musik campursari di depan pasar Beringharjo saat Selasa Wagen-foto-suwandi

Malioboro bebas dari lalu lalang kendaraan bermotor dan pedagang kaki lima di hari Selasa Wage. Nuansa yang banyak dirindukan oleh masyarakat dan wisatawan domestik dan mancanegara. (*)

Konten Terkait:  Membaur Bersama Warga pada Penutupan Pesta Boneka #5

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here