Pranatamangsa: mulai siklus baru dengan memasuki Mangsa Surya I, usianya 41 hari, mulai dari 22 Juni sampai 1 Agustus. Candranya ‘Sotya Murca ing Embanan’ (mata cincin hilang dari tempatnya) memasuki musim kemarau, ditandai dengan daun-daun pada rontok, petani mulai menanam palawija. Orang yang lahir di Mangsa I ini mempunyai pribadi yang tampan/cantik, cerdas tetapi keras kepala dan tidak sabaran.

Sementara itu, menghitung hari baik, untuk bepergian jauh memakai perhitungan panca suda. Panca artinya lima dan suda artinya dikurangi. Ada lima yang dihitung dengan urutan: 1. Suku, 2. Watu, 3. Gajah, 4. Baya, 5. Ratu, tetapi hanya satu angka yang dipakai yaitu angka yang jatuh pada akhir dari hitungan angka yang ada. Caranya dengan menghitung neptunya (jumlah angka hari lahir ditambah jumlah angka pasaran). Jumlah tersebut dihitung, jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Paing, 21 Juli 2019, kalender Jawa tanggal 18, bulan Dulkangidah , tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Paing, 5 + 9 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut ‘NUJU PATI’ dukacita dan sengsara.

Senin Pon, 22 Juli 2019, kalender Jawa tanggal 19, bulan Dulkangidah, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Pon, 4 + 7 = 11, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut ‘DEMANG KANDHUWURAN’ sakit-sakitan.

Selasa Wage, 23 Juli 2019, kalender Jawa tanggal 20, bulan Dulkangidah, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Wage, 3 + 4 = 7, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut ‘MANTRI SINAROJA’ disenangi orang banyak.

Konten Terkait:  Catur Sagotra, Ngumpulke Balung Pisah

Rabu Kliwon, 24 Juli 2019, kalender Jawa tanggal 21, bulan Dulkangidah, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Kliwon 7 + 8 = 14, jatuh pada perhitungan ratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Timur, tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut PITUTUR, banyak masalah.

Kamis Legi, 25 Juli 2019, kalender Jawa tanggal 22 bulan Dulkangidah, tahun Be 1952, hari Bangas Padewan, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Legi 8 + 5 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut SATRIA PINAYUNGAN selamat dihormati orang banyak.

Jumat Paing, 26 Juli 2019, kalender Jawa tanggal 23 bulan Dulkangidah, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Paing, 6 + 9 = 15, jatuh pada perhitungan ratu, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Timur tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut ‘MANTRI SINAROJA’ disenangi orang banyak.

Sabtu Pon, 27 Juli 2019, kalender Jawa tanggal 24 bulan Dulkangidah, tahun Be 1952, tanggal naas nabi, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Pon 9 + 7 = 16, jatuh pada perhitungan suku, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut ‘NUJU PATI’ dukacita dan sengsara. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here