Untuk kedua kali secara berturut-turut, Kabupaten Kulonprogo mengirimkan wakilnya dalam Lomba Cerdas-Cermat (LCC) Kebudayaan dan Permuseuman Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat di Jakarta. Kali ini, Kabupaten Kulonprogo mewakilkan SMPN 1 Wates. Tahun lalu, Kabupaten Kulonprogo mewakilkan SMP Pangudi Luhur. Pada tahun ini, Lomba LCC Kebudayaan dan Permuseuman di tingkat DIY, SMP 1 Wates Kulonprogo baru saja mengalahkan SMPN 2 Kota Yogyakarta dan SMPN Karangmojo Gunungkidul di babak final.

Lomba LCC Kebudayaan dan Permuseuman 2019 diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, dilaksanakan di Perpustakaan UNY pada hari Selasa 25 Juni —Rabu 26 Juni 2019. Pada babak penyisihan, ada 15 grup, masing-masing kabupaten dan kota (Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Sleman) mewakilkan 3 grup dari sekolah yang berbeda. Dari babak penyisihan, ada 3 grup sekolah yang masuk final, yaitu SMPN1 Wates, SMPN2 Kota Yogyakarta, dan SMPN Karangmojo, Gunungkidul.

Materi yang dilombakan dalan setiap LCC Kebudayaan dan Permuseuman adalah, sejarah, cagar budaya, museum, pengetahuan Museum Nasional dan koleksinya, serta adat-istiadat 34 provinsi (lagu daerah, senjata tradisional, rumah adat, makanan tradisional, dan lain-lain). Setiap lomba dibagi menjadi 4 babak, mulai dari babak wajib, babak rebutan, babak rebutan nilai berjenjang, dan babak rebutan interaktif (berupa gambar, audio, dan video). Pada lomba LCC 2019 yang berlangsung selama dua hari itu, SMPN 1 Wates (Juara I), diwakili: Erisya Azzahra, Amelia Shinta Dewi, dan Carunia Gusti, meraih skor 665, SMPN 2 Yogyakarta (Juara II) meraih skor 395, dan SMPN Karangmojo meraih skor 205.

Suasana final lomba cerdas-cermat kebudayaan dan permuseuman tingkat DIY tahun 2019 di UNY-foto-Bimo

Selain peserta, masing-masing grup juga didampingi oleh guru maupun instansi terkait, seperti Dinas Kebudayaan Kota maupun Kabupaten. Dinas Kebudayaan DIY dan Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY sebagai organisasi museum tingkat DIY juga ikut mendampingi. Para juara selain memperoleh uang pembinaan dan sertifikat, khusus Juara I berhak mendapatkan tropi bergilir dari Barahmus sekaligus mewakili DIY maju ke LCC tingkat Pusat (Nasional) di Jakarta. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here