Batavia Madrigal Singers (BMS) akan jadi paduan suara Indonesia pertama yang diundang sebagai peserta dalam acara International Choral Festival of Missoula (ICMF) 2019 yang akan berlangsung pada 17-20 Juli di Missoula, Amerika Serikat.

Setelah meraih juara pertama kategori Mixed Choir pada kompetisi paduan suara International Florilége Vocal de Tours yang berlangsung di Kota Tours, Perancis, pada 31 Mei – 2 Juni 2019, BMS akan memenuhi undangan dari ICMF yang dikenal sebagai festival yang prestisius dan bergengsi di Montana, Amerika Serikat. Selain Indonesia, ajang ini akan diikuti oleh paduan suara dari Jerman, China, Finlandia, Hungaria, Lithuania dan Amerika Serikat.

Pada konser pra-festival BMS Road to Missoula, Minggu 7 Juli 2019 di Balai Resital Kertanegara, Avip Priatna, pimpinan BMS mengatakan ajang ini akan menjadi kesempatan membawa citra Budaya Indonesia ke mata dunia. “Sebuah kehormatan bagi saya dan BMS diundang dan hadir dalam festival bergengsi tersebut, lewat kesempatan ini juga kita bisa mengembangkan kapasitas Paduan Suara Indonesia,” ujarnya.

Dalam ajang ICMF nanti, Avip dan BMS akan mengenalkan keberagaman budaya Indonesia dengan membawakan lagu daerah seperti “Sik-Sik Sibatumanikam” dari Sumatera Utara, “Hela Rotan” dari Maluku dan “Janger” dari Bali. “Program dalam konser nanti kita nggak hanya menampilkan lagu klasik, ada lagu Indonesia dan daerah, juga ada komposisi baru agar mereka bisa melihat kalau kita juga bisa membuat komposisi, “ tambah Avip.

Batavia Madrigal Singer Dibawah Pimpinan Avip Priatna foto – Dok BMS

Dalam konser pra-festival “BMS Road to Missoula” itu, BMS menampilkan cuplikan lagu yang akan mereka bawakan nanti yakni “Sik-Sik Sibatumanikam”, “Hela Rotan”, “Janger”, “Fajar dan Senja II”, “Canticum Novum”, “Das Madchen”, “O Magnum Mysterium”, “Circle of Life” dan “I Love You – What a Wonderful World”.

Konten Terkait:  Lagu Puisi untuk Pembukaan Pameran Seni Rupa di Tembi

BMS akan memberangkatkan 40 personelnya yang terdiri dari 20 perempuan dan 20 laki-laki, masing-masing 10 orang untuk suara sopran, alto, tenor dan bass. “Keberangkatan insya Allah udah siap, anak-anak juga udah semangat banget pengin ke sana,” kata Avip.

BMS telah menjadi barometer bagi banyak paduan suara Tanah Air dan memenangi beragam kompetisi tingkat dunia yang prestisius di antaranya adalah juara pertama dan juara umum di 48th Tolosa Choral Contest (Spanyol), 36th International May Choir Competition (Bulgaria) dan 57 Certamen Internacional De Habaneras Y Polifonia (Spanyol).

BMS adalah salah satu ensemble vokal, paduan suara terkemuka di Indonesia yang telah mengukir banyak prestasi bergengsi di dunia musik international maupun Indonesia. Komposisi yang dibawakan BMS sangat beragam, mulai dari zaman klasik hingga kontemporer serta beraneka aliran dari Barok hingga pop modern. Sejak 2001 BMS berhasil memenangkan berbagai kompetisi paduan suara dan membawa nama harum Indonesia. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here