Gurami merupakan salah satu ikan yang paling luwes diolah untuk menjadi berbagai jenis hidangan. Ikan darat dengan daging yang lunak dan juga bisa gempal ini cocok diolah menjadi hidangan yang berkelas. Khusus untuk bulan Juli 2019 ini Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya Bantul secara khusus mengolah bahan ikan gurami sebagai kreasi barunya. Ada pun nama menu kreasi baru itu adalah Iwak Asmaradana (ikan asmaradana).

Kenapa asmaradana? Ya, namanya memang demikian. Hal itu dimaksudkan agar siapa pun yang menyantap Iwak Asmaradana kemudian tumbuh rasa cintanya kepada segala macam kebaikan dan kebenaran. Juga berkobar cintanya kepada pasangan hidup atau calon pasangan hidupnya. Semua tidak lepas dari makna asmaradana yang kurang lebih bisa diuraikan sebagai berikut: asmara adalah tresna atau cinta dan dana (dahana) adalah api. Jadi, bolehlah disebut sebagai api cinta atau cinta yang berkobar.

Iwak Asmaradana ala WD Pulo Segaran Tembi adalah ikan gurami setengah kiloan yang kemudian dibersihkan dan dibumbui dengan aneka bumbu seperti bawang putih, saus tomat, kecap, margarine. Setelah bumbu meresap kemudian ikan dibakar. Terus demikian sambil dibolak-balik dan terus dilumuri bumbu agar bumbu meresap.

Usai itu gurami ditata di sebuah wadah yang cantik dan di bagian atasnya diberi semacam toping berupa sambel kering yang terbuat dari ketela rambat manis dan kacang tanah. Sambel kering ini dibuat dengan ramuan bumbu-bumbu antara lain bawang merah, bawang putih, garam, gula jawa, kencur, dan daun jeruk purut. Agar hidangan lebih mantap disertakan pula sambel tomat pada tempat yang terpisah.

Nah, rasa dari Iwak Asmaradana ini bisa dibayangkan sendiri kelezatannya. Dagingnya yang lunak dengan sedikit krispi pada sisi paling luar dan aroma sedikit sangit bercampur dengan aneka bumbu rempah, menjadikan hidangan ini benar-benar memanjakan lidah. Sambel tomatnya yang juga segar, pedas, berpadu dengan unsur rasa asam, manis, asin yang seimbang menjadikan hidangan ini menemukan keterpaduannya yang harmonis dan mantap.

Nasi yang pulen dalam wakul bambu berlapis daun pisang menjadikan nasi pulennya wangi alamiah dan ikut menggugah selera. Satu porsi Iwak Asmaradana lengkap dengan nasi satu bakul ditawarkan dengan harga Rp 72.000. Satu porsi Iwak Asmaradana cukup untuk 4 (empat) orang. Jadi, jika dihitung per orang hanya sekitar Rp 18.000 saja. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here