Majalah Kajawen yang terbit di era pemerintahan Hindia Belanda sejak tahun 1926 selalu memuat foto-foto spektakuler di halaman sampul depan. Sangat bervariasi, mulai dari foto-foto alam Nusantara hingga foto-foto bangunan di luar negeri.

Dalam salah satu edisinya, misalnya, memuat gambar Gereja Katedral Alexander Nevsky Sofia di Bulgaria. Gambar gereja tersebut termuat di halaman sampul Majalah Kajawen edisi 48 tanggal 16 Juni 1928. Pada halaman sampul majalah itu hanya termuat keterangan singkat dalam aksara dan bahasa Jawa, yakni: “Bulgari” sebagai judul yang tertulis di atas gambar. Sementara di bawah gambar tertulis: “Gambar Grija ing Sopia, Bulgari, wewangunipun ketingal pating palenthuk, wiwit pucuk dumugi ngandhapipun”. Arti bebasnya, “Bulgaria” (nama negara di Eropa, tertulis di atas gambar), dan “Sebuah gereja di Sofia, Bulgaria, bangunan dipenuhi dengan kubah, mulai dari pucuk hingga bawah”.

Foto gereja di Sofia, Bulgaria saat ini-foto-istimewa

Pada tahun 1928, bangunan gereja ini temasuk salah satu bangunan yang cukup spektakuler. Beberapa sumber lain menyebutkan, pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1882 (peletakan batu pertama). Kemudian pembangunan terjadi antara tahun 1904—1912. Nama arsiteknya adalah Alexander Pomerantsev. Nama Alexander Nesvky diambil dari seorang tokoh terkenal Kristen Ortodoks. Gereja ini bisa memuat jemaat sekitar 5.000 orang. Luas gereja 3.170 meter persegi.

Halaman sampul majalah Kajawen 1928 yang memuat foto gereja di Sofia, Bulgaria-repro-suwandi

Sayangnya, dalam Majalah Kajawen tidak disebutkan, foto tersebut hasil karya jepretan siapa. Tentunya pada tahun 1928, gereja itu baru berumur 16 tahun dan menjadi kebanggaan masyarakat Kristiani Ortodok di Bulgaria. Bahkan ternyata juga mulai terkenal seantero jagad. Buktinya, pada tahun 1928 sudah dimuat di majalah yang beredar di Hindia Belanda. Itulah sebuah gambar gereja terkenal di Bulgaria yang pernah dimuat di Majalah Kajawen, yang menjadi koleksi unggulan Perpustakaan Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. (*)

Konten Terkait:  Pekan Ini Ada 4 Hari Tidak Baik untuk Pergi Jauh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here