69 Performance Club adalah sebuah inisiatif yang digagas oleh Forum Lenteng untuk studi fenomena sosial kebudayaan melalui seni pertunjukan. Kegiatan 69 Performance Club berupa workshop dan performans setiap bulan, diskusi, serta riset tentang perkembangan performans di Indonesia. Inisiatif ini terbuka untuk para pemerhati, peminat dan pelaku performans untuk terlibat secara aktif menjadi bagian dari program-program 69 Perfomance Club.

Karya-karya 69 Performance Club telah dipresentasikan di beberapa tempat, antara lain SMAK Museum, Ghent, Belgium; Tranzit Display Gallery, Prague, Czech Republic; Ministry of Foreign Artists, Geneva, Switzerland; Teater Garasi, Yogyakarta, Indonesia; dan Ilmin Museum of Art, Seoul, South Korea. Karya-karya para partisipan dapat dilihat di www.69performance.club.

BLACKBOX AUTOPLAY foto – Forum Lenteng

Pada Edisi ke-15, yang akan berlangsung pada Minggu, 23 Juni 2019 di Goethe Haus, Jl. Sam Ratulangi, No.9-15, Menteng, Jakarta Pusat, 69 Performance Club akan mempresentasikan BlackBox : Autoplay. Dalam dunia seni pertunjukan, ruang black box adalah ruang yang sangat spesial karena di ruang itulah karya-karya besar seni pertunjukan dihadirkan dalam bingkai ‘seni’ yang istemewa.

Keistimewaan itu mewujud dalam berbagai aturan yang berlaku bagi medan sosial seni pertunjukan, bahwa ada kaidah-kaidah kekhususan ruang gelap (black box) yang tidak dapat dilanggar dengan sembarangan.

Karya Dari 69 Performance Club foto – Forum Lenteng

Namun, dalam perkembangan seni kontemporer pengingkaran terhadap aturan-aturan baku dalam ruang black box tidaklah asing, karena praktik penghacuran jarak antara penonton dan penyaji pertunjukan didorong untuk semakin ‘dekat’. Sehingga ada banyak pertunjukan ekperimental, baik dalam teater, musik, dan tari, melepaskan sekat-sekat jarak antara kehadiran mereka sebagai penampil dan penonton.

69 Performance Club menghadirkan praktik-praktik performans yang menjadikan aturan-aturan yang berlaku dalam ruang seni pertunjukan sebagai ‘bahasa’, yang memungkinkan para partisipan untuk menelisik kemungkinan pelanggaran-pelanggaran yang menggunakan tubuh, bunyi, cahaya, benda-benda, dan ruang gelap sebagai sebuah permainan yang puitik.

Karya Lain Dari 69 Performance Club foto – Forum Lenteng

Beberapa partisipan yang akan mengisi acara antara lain, Dhanurendra Pandji, Dhuha Ramadhani, Maria Deandra, Manshur Zikri, Otty Widasari, Pingkan Polla, Prashasti Wilujeng Putri, Ridwan Rau Rau, Robby Ocktavian, Syahrullah, dan Taufiqurrahma. Kurator : Hafiz Rancajale. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here