Ada begitu banyak menu sop/sup yang ditawarkan di berbagai rumah makan di Yogyakarta, salah satunya adalah Warung Makan Sop Empal Mbak Yoeni. Warung makan yang tidak pernah sepi dari pembeli ini beralamat di Jl Dr Sardjito No 33 Yogyakarta. Tepatnya berada di sisi timur Perempatan Jetis, di sisi utara jalan sebelum Jembatan Dr Sardjito (belakang SD Tumbuh).

Warung Sop Empal Mbak Yoeni mulai berdiri sejak tahun 2009. Semua itu berawal dari pengalaman Mbak Yoeni yang bernama lengkap Wahyuningsih (49) mencicipi kuliner sop empal di daerah Muntilan. Mbak Yoeni adalah asli dari Magelang.

Pengalaman itu menumbuhkan ide pada dirinya untuk membuat sop dengan sentuhan yang berbeda, khas hasil inovasi dan kreasinya. Di antaranya adalah bahwa sop di warungnya bening, jauh dari unsur berlemak dan “berat”. Terasa begitu ringan dan jauh dari micin. Semua itu dibuat oleh Mbak Yoeni karena ia paham bahwa orang zaman sekarang cenderung mencari makanan yang sehat, tidak berlemak, dan tidak sarat micin.

Empal yang disajikannya sangat empuk, lembut, tidak kering, dan resapan bumbunya sungguh menyatu di dalam serat dagingnya. Empal di tempat ini begitu lembut dan jauh dari unsur berlemak juga lepas dari “aroma sapi”. Hal itu memang diupayakan Mbak Yoeni karena banyak orang yang juga kurang suka dengan aroma sapi sekalipun menyukai rasa dagingnya.

Empal yang empuk dan lembut khas dari Warung Sop Empal Mbak Yoeni-Foto-A.Sartono

Semua itu disajikan Mbak Yoeni dengan tujuan agar anak-anak dan lansia pun bisa menikmati menu di warungnya. Ada anak-anak dan lansia yang menyukai empal, namun terhambat oleh karena umumnya empal daging relatif keras, kering, kasar, dan liat. Berbeda dengan empal di warung ini yang minim sekali lemak, sangat empuk, dan lembut dan bahkan ditekan sendok langsung lumer. Empal menjadi kekhasan dan identitas warung sop ini.

Konten Terkait:  Jenderal Polisi Pameran Karya di Tembi
Mbak Yoeni (insert) dan warungnya di Jetis, Yogyakarta-Foto-A.Sartono

Ada lagi yang beda di warung ini, yakni tempe gorengnya kelihatan bersih dan cantik. Garing di luar, lembut dan lunak di dalam dan resapan bumbunya juga sampai di dalam. Untuk Anda penggemar sup/sop dan empal dan berada di Yogyakarta, Warung Sop Empal Mbak Yoeni menjadi referensi kuliner yang wajib dicoba.

Daftar harga menu di Warung Sop Empal Mbak Yoeni (Tahun 2019): sop Rp 7.000, nasi putih Rp 5.000, tempe goreng Rp 5.000, empal Rp 26.000, paru Rp 26.000, ayam kampung goreng Rp 27.000, es jeruk/jeruk panas Rp 5.000. Warung Sop Empal Mbak Yoeni buka pukul 06.00-14.00 WIB. Warung ini libur di tanggal merah, Tahun Baru dan Hari Raya Lebaran.
(*)

PETA LOKASI:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here