Memperingati 111 tahun kebangkitan perjuangan Indonesia, yang jatuh pada tanggal 20 Mei, beberapa artis, budayawan dan seniman bersama-sama mendeklarasikan diri untuk persatuan Indonesia. Ajakan untuk eratkan persaudaraan dan menjadi bangsa yang lebih maju digelar di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno, Senin, 20 Mei 2019.

Acara ini memang dirasa pas, di tengah situasi panasnya suasana politik pasca pemilu April lalu. Goenawan Muhammad, salah satu inisiator acara ini, mengatakan acara ini merupakan upaya menyatukan kembali seluruh masyarakat dan menghilangkan sekat-sekat antarpendukung. “kami tahu setelah pilpres kemarin banyak menimbulkan perasaan terluka, hanya saja pilpres terakhir ini sangat membelah intensitasnya. Jangan sampai pemilihan presiden membuat perpecahan bagi bangsa ini,” ujarnya.

Lea Simanjuntak Bawakan Lagu Rayuan Pulau Kelapa – Foto – Titien Natalia

Seniman Landung Simatupang mengungkapkan bahwa acara ini mengajak semua warga Indonesia untuk kembali bersaudara, serta bersama-sama menghadapi tantangan masa depan. “Sebetulnya ini acara biasa saja, tetapi menjadi penting karena keadaan genting akhir-akhir ini. Saya berharap apa yang disampaikan dari acara ini tidak hanya deklarasinya saja, tetapi lagu-lagu yang dibawakan Addie MS dan teman-teman bisa kembali menyejukkan suasana kebangsaan kita,” paparnya.

Tepat pukul 16.00 Deklarasi dimulai. Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, ada pembacaan naskah oleh Christine Hakim. Naskah itu merupakan kutipan dari Muhammad Hatta dan Sutan Syahrir. “Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudarnya persatuan dan kepedulian Indonesia hanyalah sekadar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Perjuangan kita sekarang ini tak lain dari perjuangan untuk mendapat kebebasan jiwa bangsa kita. Kedewasaan bangsa kita hanya jalan untuk mencapai kedudukan sebagai manusia dewasa bagi diri kita.”

Christine Hakim Serukan Persatuan dan Persaudaraan – Foto – Titien Natalia

Lagu-lagu kebangsaan pun dilantunkan. Lea Simanjuntak membawakan ‘Rayuan Pulau Kelapa’ dengan syahdu. Meski hanya dibutuhkan waktu satu pekan untuk persiapan acara, Addie bersama para artis, budayawan dan seniman lainnya berharap agar masyarakat Indonesia dapat memaknai Hari Kebangkitan Nasional ini dengan sebaik-baiknya.

Tidak hanya itu, perbedaan, permusuhan juga kebencian yang dirasakan pasca pilpres lalu diharapkan agar segela hilang. Selain yang disebut di atas, hadir pula Marsilam Simanjuntak, Arifin Panigoro, Joko Anwar, Ayu Utami, Bara Hasibuan, Tika Bisono dan masih banyak lagi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here