Catatan-catatan Penting Selama 10 Tahun Indonesia Merdeka

0
42

Sepuluh tahun bukanlah waktu yang pendek. Dalam jangka 10 tahun apa saja bisa terjadi. Demikian pula dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan pada 17 Agutus 1955 genap berusia 10 tahun.

Selama kurun waktu 10 tahun tersebut berbagai hal harus dihadapi rakyat dan bangsa Indonesia. Jepang yang sudah kalah tetapi tetap memegang ‘kekuasaan’ atas nama Sekutu sampai Sekutu datang. Sedangkan bangsa Indonesia menginginkan Indonesia sendiri yang memegang kekuasan dan pemerintahan. Dua hal yang berbeda ini sering menimbulkan bentrokan/perang yang tidak sedikit  memakan korban di kedua belah pihak.

Kedatangan Sekutu (di berbagai daerah di Indonesia) ternyata diboncengi tentara Belanda. Jelas Belanda ingin kembali berkuasa di Indonesia. Hal ini tentu saja mendapat perlawanan keras, sehingga pertempuran terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Berbagai gencatan senjata dan perundingan gagal meredam konflik. Pertempuran baru dapat ‘dihentikan’ setelah berlangsung Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda. Ini pun  tidak menyelesaikan semua masalah.

Selain menghadapi musuh dari luar, Indonesia juga menghadapi musuh dari dalam. Pertikaian  sesama anak bangsa, jatuh bangunnya kabinet, korupsi, kurangnya tenaga ahli dan terdidik yang diperlukan, sarana dan prasarana yang belum memadai. Masih ditambah lagi dengan berbagai pemberontakan yang ada seperti pemberontakan PKI/Muso di Madiun.

Buku ini dibuat salah satunya adalah sebagai sumber pengingat atau catatan tentang perjuangan bangsa Indonesia selama 10 tahun setelah merdeka. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan negara, dan juga berbagai upaya pembangunan yang dilakukan. Pembangunan di bidang ekonomi, pendidikan, militer, kebudayaan, kesenian, olah raga, politik dan lain-lain demi kemajuan bangsa dan negara.

Konten Terkait:  KNIL dari Serdadu Kolonial Menjadi Tentara Republik

Yang lebih menarik buku ini juga memuat pendapat masyarakat kecil tentang arti kemerdekaan, serta  pengaruh dan manfaatnya bagi mereka. Terdapat pula catatan tersendiri  tentang tanggal-tanggal/waktu ketika suatu peristiwa penting terjadi dan dibuat secara urut sejak 17 Agustus 1945 sampai Desember 1955.

Judul                   : “Bingkisan Nasional”. Kenangan 10 Tahun Revolusi Indonesia

Penulis                : Darius Marpaung

Penerbit              : PT “Usaha Pegawai Nasional Indonesia” (PT “UPENI”),  1955, Djakarta

Bahasa                : Indonesia

Jumlah halaman : 376

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here