Jika kita berkunjung ke Lapo (rumah makan khas batak) di sekitaran Jakarta, kebanyakan kita akan menemukan rumah makan sederhana dengan menu non halal, namun dikawasan Cipete, Jakarta Selatan ada sebuah bangunan ruko dengan wajah modern dengan dekorasi ulos menjuntai di setiap sisi, menawarkan lapo halal dengan belasan menu utama khas Batak.

Lapo Halal Bonga-Bonga merupakan usaha kuliner milik artis Chicco Jericho dan Rio Dewanto. Mereka merangkul Rahung Nasution, pria berdarah Batak Mandailing yang mahir memasak masakan Indonesia.

Saat Tembi berkunjung ke Bonga-Bonga, kita langsung disajikan berbagai jenis menu yang disediakan secara prasmanan, antara lain Ayam Pinadar, Ayam Bumbu Saksang, Bebek Gulai Andaliman, Ikan Arsik, Rondang Bolut, Daun Singkong Tumbuk, Mie Gomak dan lain-lain.

Lalu bagaimana Bonga-Bonga mengganti bumbu Ayam Bumbu Saksang yang biasanya menggunakan darah ayam sebagai penguat cita rasa? Ternyata Rahung Nasution menggunakan hati ayam yang dihaluskan agar mendekati tekstur tentu dengan kombinasi rempah seperti bawang merah, bawang putih, jintan dan merica.

Rondang Bolut Foto; Rosiana

Menu khas lain yang patut dicoba adalah Bebek Gulai Andaliman. Rasa pedasnya memiliki efek pedas bergetar saat dicampur dengan bumbu lain. Selain itu andaliman tidak mudah ditemui, kebanyakan bumbu khas batak hanya bisa didapatkan di Pasar Senen.

Menu wajib coba yang lain adalah Rondang Bolut, dengan bahan dasar belut, dimasak dengan rempah-rempah yang sangat kaya, dimasak sampai bumbu tiris seperti halnya mengolah rendang daging. Belut yang disajikan menjadi lembut dan rasanya kaya akan rempah.

Bakmi Gomak Foto; Rosiana

Jika sedang tak ingin makan berat, coba cicipi Bakmi Gomak, ‘Spageti Batak’ ini sangat populer di Medan, ada yang berkuah atau goreng, di Bonga-Bonga Mie Gomak dibuat agak berkuah seperti kuah kari dengan potongan udang segar.

Konten Terkait:  Menu Unik dari Warung Ereng-ereng yang Tersembunyi Di Bukit
Aneka Sambal di Bonga-Bonga Foto; Rosiana

Tentu tak cukup satu kali datang untuk mencoba semua menu yang ada di Bonga-Bonga. Lapo Halal yang baru diresmikan pada 13 Oktober 2018 ini layak dijadikan destinasi kuliner tradisional. Soal harga jangan khawatir, meski terletak di bilangan Jakarta Selatan, harga makanannya masih cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.500 – Rp 30.500, untuk berbagai macam sambal dihargai Rp 8.500/porsi sedangkan untuk minuman berkisar Rp 5.500 – Rp 33.000/gelas.  (*)

PETA LOKASI:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here