Rombongan Ibu Endang Kediri selalu Kangen dengan Tembi Rumah Budaya

0
56

Berkunjung ke Tembi Rumah Budaya Yogyakarta sepertinya wajib bagi rombongan seniman Kediri saat berwisata ke Yogyakarta. Itulah yang selalu dilakukan oleh kelompok seniman Kediri pimpinan Ibu Endang bersama suami ketika berkunjung ke Yogyakarta. Seolah-olah berkunjung ke Tembi Rumah Budaya adalah suatu keharusan. Itu semua dilakukan oleh Ibu Endang sebagai kecintaannya terhadap budaya Jawa.

Ketika ke Yogyakarta, sepertinya jalur yang ditempuh sudah tetap, berkunjung ke Keraton Yogyakarta, makan siang di tempat pemancingan saudara dan terakhir ke Tembi Rumah Budaya. Demikian pula, saat pulang, pasti mampir ke Solo untuk menyaksikan wayang orang di Sriwedari. Sementara berkunjung ke jalur itu, sudah dilakukan oleh Bu Endang bersama suami dan rombongan lebih dari enam kali. Terakhir ke Tembi Rumah Budaya dilakukan pada Sabtu, 6 April 2019.

Bahkan kunjungan sebelumnya, sekitar empat bulan yang lalu, Bu Endang bersama keluarga besarnya, suami, anak, menantu dan cucu-cucunya ketika ke Yogyakarta berkesempatan untuk menginap sehari di penginapan Tembi Rumah Budaya. Mereka ingin merasakan sendiri bermalam dalam suasana yang nyaman di penginapan yang jauh dari keramaian.

Saat berkunjung ke Tembi Rumah Budaya, Ibu Endang selalu membawa rombongan seniman yang berbeda-beda. Kadang-kadang membawa para seniman keroncong, di lain waktu membawa seniman karawitan Jawa. Bahkan seniman karawitan Jawa juga pernah ikut memainkan gamelan milik Tembi Rumah Budaya Yogyakarta.

Ketika ke Tembi, Ibu Endang wajib mengajak keliling ke area yang ada di Tembi, seperti museum, rumah inap, galeri, ampiteater, dan pendopo. Rombongan ini juga sering membawa makanan khas dari Kediri, seperti tahu dan sambal pecel yang dibagikan ke karyawan Tembi. Demikian pula sebaliknya, kadang-kadang Tembi juga memberikan bingkisan ke rombongan berupa buku-buku terbitan Tembi agar lebih bermanfaat dari penggemar budaya Jawa. Harapannya, setiap pengunjung yang datang ke Tembi akan hadir dan datang di lain waktu, karena merasakan kenyamanan saat berada di Tembi Rumah Budaya, seperti rombongan Ibu Endang dari Kediri. (*)

Konten Terkait:  Springfield International School Jakarta Setia Belajar Budaya di Tembi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here