Buku berjudul Zaman Edan ini disusun berdasarkan hasil penelitian si penulis terhadap isi kitab atau Serat Kalatida, gubahan pujangga R Ng Ranggawarsita dari Surakarta. Ranggawarsita lahir tahun 1802 Masehi dan wafat tahun 1874. Karya-karyanya berisi pengetahuan tentang filosofi, riwayat, kebijaksanaan hidup dan religi dengan susunan bahasa yang halus, baik dan indah.

Masa hidup Ranggawarsita penuh dengan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Surakarta dan Yogyakarta. Seperti perang Diponegoro (1825-1830), kebangkrutan pemerintah kolonial Belanda, penurunan paksa Sultan Hamengkubuwana II, tanam paksa atau cultuur stelsel (1830) dan lain-lain. Sedang peristiwa di luar kedua daerah tersebut misal Perang Padri di Minangkabau (1821-1837) dan penghapusan Kasultanan Banten (1832).

Peristiwa-peristiwa tersebut terutama yang terjadi di Surakarta dan Yogyakarta pastilah didengar, diketahui, dipahami dan dirasakan oleh Ranggawarsita. Kemunduran dan kesuraman Kerajaan Surakarta adalah hal yang sangat menyedihkan baginya. Apalagi ditambah hubungannya dengan raja Surakarta menjadi kurang baik. Berbagai peristiwa tersebut entah sedikit entah banyak ikut mempengaruhi karya-karyanya. Salah satunya adalah Serat Kalatida.

Kalatida berbentuk tembang macapat Sinom terdiri 12 pupuh atau bait. Berbagai peristiwa yang terjadi, masa-masa penuh kesukaran, kekecewaan, kegelapan, sehingga orang berbuat jahat untuk kepentingan sendiri, ia ungkapkan melalui serat ini.

Ranggawarsita juga mengungkapkan bahwa dalam situasi yang tidak menentu ini (sehingga disebut ‘zaman edan’) masih beruntung atau akan selamat orang yang senantiasa ingat dan waspada. Untuk keselamatan lahir dan batin manusia, Ranggawarsita melalui Kalatida mengungkapkan tentang empat hal yang perlu diingat dan dijalani. Pertama, percaya dan berusaha menjalankan perintah Tuhan. Kedua, selalu ingat dan waspada terhadap apa yang terjadi. Ketiga, giat bekerja. Keempat, selalu mawas diri.

Untuk memudahkan memahami isi Kalatida, penulis buku ini menerjemahkan tembang Sinom ke dalam bahasa Indonesia. Dan juga melakukan terjemahan bebas.

Judul : Zaman Edan. Suatu studi tentang buku Kalatida dari R.Ng. Ranggawarsita
Penulis : Kamadjaya
Penerbit : U.P. Indonesia, 1964, Jogja
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : 196

Sampul buku Zaman Edan – Serat Kalatida

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here