Gelar macapatan Rabu Pon putaran 172 pada 26 Februari 2019 masih menggambarkan suasa malam midodareni menjelang perkawinan agung antara Seh Amongraga dan Niken Tambangraras. Melanjutkan penuturannya para wanita yang berkumpul di ruang induk belakang pendapa. Mulai tengah malam yang mereka ceritakan semakin seru dan saru.

Nyai Daya menceritakan pengalamannya menjadi selir bupati, pada hal statusnya ia masih mempunyai suami. Sedangkan Nyai Tengah tak mau kalah, ia telah berkeluarga tiga kali. Hal paling menarik untuk diceritakan adalah kebiasaan ketiga laki-laki yang pernah menjadi suaminya itu saat berhubungan intim dengan dirinya. Lain lagi dengan kisah Ni Parti seperti ditulis pada bait berikut ini:

177. Ni Parti makaping pintên laki
nauri mung sapisan kewala
nanging sring kenging godhane
kinedanan wong bagus
godhaning blis pisan ping kalih
yèn sampun kalampahan
manahkula gêtun
sarêng ping tiga sakawan
lajêng tuman tan nganti milih wong sigid
anggêr agêng kewala

Suasana Macapatan Malam Rabu Pon di Tembi Rumah Budaya. foto Herjaka

Kelihatannya lebih santun dibandingkan dengan Nyai Daya yang dua kali menikah dan Nyai Tengah yang tiga kali menikah. Namun ternyata Ni Parti yang hanya satu kali menikah mempunyai kegilaan yang melebihi keduanya.

180. Tiyang ngriki kathah sunicipi
ingkang kêrêp mung Ki Kulawirya
rayat datan uningane
lan ki pangulu êmpun
inggih lêrês tir dènbithèni
gumuyu jojorokan
Ni Malarsih dulu
cat myarsa ing carêmêdan
tyasnya ngungun ya ta lah dene wus sami
tuwa acêrêmêdan

Karuan saja seisi ruangan tertawa malu-malu. Ni Malarsih mendekat dan bertanya penuh curiga, “Bibi apa yang dirembug” dan dijawab sekenanya “Sekedar bersenda gurau untuk mencegah kantuk”. Kehadiran Ni Malarsih yang empunya gawe sempat mengalihkan pembicaraan ke hal-hal yang yang tidak jorok. Namun hal itu hanya sesaat, karena sebentar kemudian, setelah Ni malarsih menjauh cerita lekoh pun dilanjutkan oleh Sumbaling, seorang ledek yang pernah laris.

Wiraswara (vokal putra) karawitan Ngudi Laras Bango Selopamioro Imogiri. foto Herjaka

182. Inggih gujêngan tamba lèk sami
Ni Malarsih malih angandika
Sumbaling punika biyèn
têlèdhèk langkung payu
gêr ginuyu rewange linggih
mênêng mari crêmêdan
liya kang cinatur
nyawêngah angon iriban
wus katungkul nuli carêmêdan malih
Sumbaling tinakonan

183. Tutur duk masihe dados ringgit
dèrèng paringkilên wus anjajah
jêjaka wong tuwa dene
sajêg kula pulangpun
dèrèng wêruh raosing sakit
pan sakeca kewala
nanging wiwitipun
krêp jajalan sami bocah
uga gêdhe saya gêdhe-gêdhe malih
kula duk maksih bocah

Sementara kisah Sumbaling masih berlanjut, penulis mengajak ganti suasana di sebelah selatan rumah. Pada jam setengah satu malam Jayengraga menemui Seh Amongraga minta ijin untuk mengadakan terbangan di pendapa. Seh Amongraga pun menyetujui. Dengan penuh semangat Jayengraga mengajak Jamal, Jamil, Jalalodin dan Nuripin untuk mengambil tiga terbang dan satu kendang. Para santri duduk berkeliling mengumandangkan puji-pujian diiringi musik terbangan.

198. Sasontên mila dènyarsa singir
nanging ajrih manawi dinukan
mring raka dadya tyas mêne
garêncêngan ing kalbu
arsa munjuk-munjuk pan ajrih
tag-tig widhag-widhigan
tan saranta matur
ing raka Sèh Amongraga
kula nuwun pangapuntên ingkang mugi
wontên lilah paduka

199. Lamun parêng paduka lilani
kewala pun sunat sisingiran
dhikir maulud pedahe
Amongraga amuwus
inggih sunat-sunat utami
kurmat nJêng Rasullolah
manpangat aplanlu
Jayèngraga enggar ing tyas
wus kalilan kêtêkan sru nêging ngati
sênthot mêdal ing jaba

Karawitan Ngudi Laras dari Dusun Bango Selapamioro Imogiri Bantul foto Herjaka

Bebarengan dengan cerita pada Serat Centhini jilid lima pupuh terakhir, di Pendapa Tembi Rumah Budaya kelompok karawitan Ngudi Laras mengumandangkan gending-geding sebagai selingan macapatan, agar suasana tambah meriah.

Faizal Noor Singgih (kanan) memandu acara macapatan dan gendhing-gendhing Jawa. foto Herjaka

Acara macapatan rutin setiap 35 hari yang dipandu Faizal Noor Singgih itu berjalan runtut dan lancar, mulai pukul 20 sampai dengan pukul 23.00. Di sela-sela memandu acara, Faizal Noor Singgih menyelipkan pengetahuan tentang empu pencipta gending yang mereka bawakan.

Seperti halnya pujian-pujian yang diceritakan pada serat Centhini, apa yang dikumandangkan oleh karawitan Ngudi Laras dapat dikatakan sebagai sikap manembah dan rasa puji syukur atas segala anugerah yang telah diterima. Terutama karena pada malam itu mereka dapat hadir saling menghibur dengan suka dan ketulusan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here