Van Deventerschool adalah sebuah sekolah yang didirikan oleh Conrad T (Coen) van Deventer lewat Yayasan Van Deventer. Sekolah ini antara lain ada di Jawa pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Van Deventer termasuk salah satu orang Belanda yang peduli terhadap nasib rakyat Hindia Belanda kala itu (sekarang Indonesia). Dialah yang menyuarakan “politik etis” sehingga pihak Belanda membangun banyak sekolah di Hindia Belanda sebagai bentuk balas budi.

Van Deventershool didirikan terutama diperuntukkan bagi kaum perempuan pribumi. Van Deventer merasa peduli karena kala itu kaum hawa tidak pernah menjadi perhatian pendidikan. Ternyata ia terinspirasi oleh pemikiran RA Kartini. Maka di mana-mana sekolah ini kebanyakan muridnya adalah perempuan pribumi. Termasuk yang berada di Kota Bandung.

Suatu ketika sekolah van Deventerschool yang berada di Bandung mengadakan studi tour (istilah sekarang) ke Batavia (sekarang, Jakarta). Tempat studi tour yang dituju salah satunya adalah Penerbit Balai Pustaka. Tujuannya agar para murid van Deventerschool tersebut memiliki wawasan yang luas terhadap penerbit dan buku. Sebab van Deventerschool percaya, bahwa buku adalah jendela dunia.

Halaman sampul majalah Kajawen edisi 68 tanggal 25 Agustus 1928 yang memuat berita sekolah van Deventerschool-repro-Suwandi

Maka anak-anak perempuan pribumi yang belajar di sekolah keputrian van Deventerschool diajakan berkunjung ke Penerbit Balai Pustaka Jakarta. Laporan kunjungan itu diberitakan oleh Majalah Kajawen edisi 68 tanggal 25 Agustus 1928 halaman 1.206 dengan judul artikel “Para Murid van Deventerschool ing Bandhung Dolan dhateng Batawi”. Lebih lanjut baca majalah tersebut di Perpustakaan Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here