Berikut ini adalah foto pemandangan sebuah ruas jalan di sisi sebuah telaga. Ada sederetan keranjang bambu di kanan kiri tepian jalan tersebut yang mungkin di dalamnya berisi bibit tanaman. Jalanan tampak rata, halus, dan bersih. Di seberang jalan sisi kanan tampak sederetan pohon nyiur dengan tanaman-tanaman lain yang rimbun. Jalanan meliuk di ujung seperti diapit oleh deretan pepohonan.

Nun di belakang (ujung) tampak jajaran bukit berselimut kabut. Ada orang yang sedang berada di jalan yang lengang, tenang, dan bersih itu. Satu orang bertudungkan payung kertas. Foto ini memberikan pesan dan kesan yang amat kuat tentang keindahan, keelokan, ketenangan lingkungan alam di wilayah Cipanas, Jawa Barat.

Foto ini dibuat pada dekade 1930 oleh KT Satake, yang diterbitkan dalam buku berjudul Camera-Beelden van Sumatra, Java & Bali, Middlesbrough: Hood & Co.Ltd, 1935. Inilah salah satu penggal kekayaan alam Indonesia yang oleh banyak orang sering disebut sebagai negara tropis bak surga.

Tak kurang Koes Plus mengabadikannya dalam lagu Kolam Susu yang syairnya berbunyi, /orang bilang tanah kita tanah surge/tongkat kayu dan batu jadi tanaman… Barangkali setelah tahun itu memang ada perubahan besar atas wilayah ini dan juga wilayah-wilayah di Indonesia. Akan tetapi Indonesia tetaplah berdiri sebagai negara dan bangsa yang dengan aneka kekayaan alam dan budaya. Tidak banyak bangsa dan negara seperti Indonesia. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here