Bisnis E-Commerce (transaksi elektronik secara online) dari kelahiran-kelahiran startup (Perusahaan Rintisan) di Indonesia semakin berkembang pesat. Mereka tidak hanya merangkul pedagang-pedagang besar saja dan tidak hanya bisa digunakan di pusat perbelanjaan seperti mall atau restoran besar saja, namun sudah merangkul UKM (Usaha Kecil Menengah) di berbagai penjuru Indonesia. Dua perusahaan aplikasi yang menyediakan pembayaran online Go-Pay dan Ovo, misalnya, telah merambah ke berbagai pedagang kuliner tradisional.

Menawarkan berbagai keuntungan menarik digunakan mereka untuk menggaet para konsumen untuk meng-install aplikasi tersebut di telepon genggamnya masing. Tentu saja, penawaran tersebut memberikan keuntungan bagi penjual dan pembeli. Misalnya penjual mendapatkan promosi produknya dan pembeli mendapatkan diskon dari produk yang dibeli dengan pembayaran secara online daripada tunai. Yang istimewa, strategi perusahaan-perusahaan tersebut yang menanggung diskon dari produk yang dibeli, sehingga penjual pun tetap menerima dana utuh.

Pedagang Rujak Juhi di Panglima Polim, Jakarta Selatan- Foto oleh Rosiana

Go-Pay dan Ovo pun paling mendominasi warung-warung makan kecil di pinggir jalan. Bahkan Tembi pun mulai ketagihan menggunakan kedua aplikasi tersebut. Tembi pernah membeli satu porsi rawon daging dan nasi putih yang biasanya dibanderol Rp 15.000, tetapi jika menggunakan salah satu dari aplikasi tersebut, mendapatkan potongan harga 30%; yang artinya Tembi hanya membayar Rp 11.500.

Pedagang Rawon di Karang Tengah, Ciledug Tangerang-Foto oleh Rosiana

Penawaran-penawaran menarik tersebut tidak selalu sama antara penjual yang satu dengan penjual lainnya, tergantung kesepakatan antara penjual dan perusahaan aplikasi tersebut.
Yang menarik, para pedagang tersebut tidak hanya menyediakan satu pembayaran online saja tetapi bisa lebih. Tinggal pembeli saja yang menentukan ingin membayar menggunakan aplikasi yang mana.

Pedangang Soto Tangkar, di Karang Tengah Ciledug Tangerang-Foto oleh Rosiana

Situasi ini jelas memperlihatkan, masyarakat Indonesia terus mengembangkan diri dan berinovasi dalam menghadapi dunia di era serba digital ini. Semoga ke depannya, kehadiran perusahaan-perusahaan seperti ini dapat terus berinovasi dan memberikan dampak positif untuk perkembangan pedagang tradisional.
Tags: #Berita Budaya #Kuliner, pembayaran online. Go-pay, ovo

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here