Kurawa atau Korawa adalah sebutan anak-anak Prabu Drestarasta yang berjumlah seratus orang. Kurawalah yang melawan Pandawa, lima anak dari Prabu Pandhu, memperebutkan Kerajaan Hastinapura.

Walaupun berjumlah 100 orang, dalam perang Bharatayuda, pihak Kurawa kalah. Perang Baratayuda adalah lakon yang sering dipentaskan oleh para dalang wayang kulit. Sayangnya tidak semua dalang yang mementaskan lakon ini, mempunyai tokoh Kurawa lengkap. Untuk itu, apabila penggemar wayang kulit pengin melihat tokoh Kurawa yang lengkap, bisa datang ke Museum Wayang Kekayon Yogyakarta.

Pemilik Museum Wayang Kekayon sedang menjelaskan koleksi wayang kepada para tamunya Foto; Suwandi

Pada sebuah ruangan, 100 tokoh Kurawa dipajang lengkap. Semuanya dipajang berjajar, mulai yang paling terkenal sebagai tokoh utama dan anak pertama, yaitu Prabu Duryudana hingga anak yang ke-100 berjenis kelamin perempuan yaitu, Dursilawati.

Kebanyakan nama Kurawa diawali dengan suku kata Dur dan Ci, seperti Dursasana, Durbharata, Durdharsa, Durmada, Durmarsana, Citrakala, Citraksa, Citrakunda, dan lain-lain. Ke-100 tokoh Kurawa tersebut dipajang lengkap dengan nama-namanya. Dalam perang Baratayuda, semua anak Drestarata ini tewas oleh Pandawa.

Suasana kunjungan saat berada di Museum Wayang Kekayon Yogyakarta Foto; Suwandi

Tokoh 100 Kurawa tersebut juga menjadi perhatian para pengunjung, termasuk para pengelola museum se-Kabupaten Bantul yang tergabung dalam Forum Komunikasi Museum Bantul saat berkunjung ke Museum Wayang Kekayon Bantul yang berada di Jalan Yogya-Wonosari Km 6. Para pengunjung biasanya sangat terkesan dengan kelengkapan koleksi tokoh Kurawa ini. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here