Daging Sapi Pancawarna, Lembut Teksturnya Sedap Rasanya

0
43
Daging Sapi Pancawarna yang lembut dan juicy-Foto-A.Sartono

Cef Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya Bantul mengkreasi daging sapi menjadi suguhan kuliner yang memikat. Tidak saja memikat dari sisi tampilannya, namun rasanya pun nagih.

Olahan dari WD Pulo Segaran ini juga tidak lepas dari sentuhan menu atau resep dasarnya, yakni dari Serat Centhini, semacam kitab kuno yang di dalamnya berisi beraneka hal di Jawa sehingga sering juga disebut sebagai semacam ensiklopedi Jawa. Olahan kuliner itu dinamakan Daging Sapi Pancawarna. Disebut demikian sebab jika dicermati tampilan visual kuliner ini terdiri dari lima unsur warna yang menyolok.

Daging sapi kualitas bagus yang diambil dari bagian has dalam ini diiris tipis-tipis. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk mengolahnya adalah bawang bombay, bawang merah, bawang putih, cabai tropong hijau, cabai tropong merah, garam, dan racikan bumbu dari Serat Centhini.

Setelah semua bumbu dan daging yang terolah sampai pada tahapan setengah matang, irisan wortel dimasukkan. Setelah semua cukup matang namun tidak over cooked, sajian tersebut ditempatkan pada mangkuk yang terbuat dari gerabah. Sebelum disajikan ke penikmat, sajian Daging Sapi Pancawarna dipercantik dengan garnis yang juga bisa berfungsi sebagai lalapan yang terbuat dari tomat, bawang bombay, dan daun bawang.

Seporsi Daging Sapi Pancawarna cukup untuk berdua-Foto-A.Sartono

Daging Sapi Pancawarna selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, tekstur dagingnya lembut, sedap pula di lidah. Aroma dan rasanya yang khas dengan bumbu yang spesifik menjadikan menu ini sangat layak untuk dicoba. Bawang bombay, cabe teropong hijau dan merah, serta wortelnya menjadi sentilan rasa dan warna yang menjadikan Anda bersantap penuh sensasi kenikmatan.

Harga menu Daging Pancawarna ini Rp 45.000 seporsi. Tidak mahal karena satu porsi cukup untuk berdua. Terlalu banyak kenyang untuk disantap sendirian. (*)

Konten Terkait:  Sega Obonk Berpadu dengan Es Kelapa Pandan Ijo nan Lezat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here