Setelah melalui proses audisi pada 3 dan 4 Februari yang lalu, Indonesia Menuju Broadway persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation telah berhasil memilih 70 orang dari 243 calon peserta yang berkesempatan untuk mengikuti pelatihan intensif bersama para pengajar dari StudentsLive – Passport to Broadway.

Para peserta terpilih ini berkesempatan memainkan karya-karya musikal broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat dan berkolaborasi bersama tim broadway papan atas yang terdiri dari sutradara, sutradara musik, koreografer, dan tim pendukung produksi dan panggung Broadway.

Sebanyak 70 peserta terpilih ini mendapatkan pelatihan intensif dari Amy Weinstein, sutradara artistik, yang bersama Annette Cardona (Cha Cha dari film Grease) menyutradarai pertunjukan musikal Second Chance), Seth Weinstein, direktur musik (menjalani tur internasional The Phantom of the Opera), dan Stephen Brotebeck, konsultan koreografer (Ghost the Musical on Broadway and Peter and the Starcatcher on Broadway) pada 20 – 24 Februari 2019 di Balai Resital Kertanegara, Jakarta.

Penampilan para peserta – Foto Raden Satrio

“Selama lima hari yang luar biasa, 70 terpilih memiliki kesempatan eksklusif untuk berkolaborasi bersama tim Broadway papan atas yang terdiri dari sutradara, direktur musik, koreografer, serta tim pendukung produksi dan panggung Broadway, dalam pelatihan ini para peserta akan memainkan karya – karya musikal Broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat,” ujar Renita Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Minggu, 24 Februari 2019.

Selama proses latihan ini, ada dua orang yang mengundurkan diri dan ke-68 peserta lainnya tetap melanjutkan proses latihan dan berhak tampil “Broadway Goes To Indonesia” Original Broadway Musical Showcase pada 24 Februari 2019 di Balai Resital Kartanegara Jakarta serta mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Tak hanya itu, para perserta terpilih juga akan berkesempatan pergi ke New York serta akan mendapatkan pelatihan di Broadway dari para spesialis teater musikal terbaik selama lima hari pada Juli 2019.

Konten Terkait:  Bima Begal di Pendapa Tembi Rumah Budaya
Penyerahan sertifikat ke para peserta – Foto Raden Satrio

“Dari pelatihan ini, akan dipilih 16 orang yang berkesempatan untuk diberangkatkan ke New York oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan akan mendapatkan pelatihan di broadway dari para spesialis teater musikal terbaik selama lima hari pada Juni 2019, para peserta terpilih ini akan melihat langsung pertunjukan Broadway, mengikuti tur backstage, melihat proses produksi di belakang panggung dan mendapatkan akses untuk bertemu langsung dengan para artist Broadway,” tambah Renita saat diwawancara Tembi di Balai Resital Kertanegara.

16 Peserta Terpilih Indonesia Menuju Broadway(Bawah) 16 Peserta Terpilih Indonesia Menuju Broadway. – Foto: Image Dynamics

Sebanyak 16 peserta yang terpilih tersebut yaitu Adyla Rafa Naura Ayu, aldafi Adnan Hutomo, Dasrizal, Desmonda Cathabel, Evelinn Kurniadi, Galabby Thahira, Gerardo Cristopher Jonathan Tanor, Katherine Permatasari, Ken Samsara Ajisiwi, Lil’li Latisha, Muhammad Qardhawi Gad El Haq, Ni Made Ayu Raharsini Gurnitha, Palka Kojansow, Panendra Larasati, Putri Indam Kamila, Stephanie Mariska Setiawan.

Dalam 18 tahun terakhir, Studentslive – Passport to Broadway telah menarik lebih dari 350.000 peserta dari beragam latar belakang budaya, etnis, dan sosial ekonomi. Mereka terus mendukung pembelajaran alternatif, ragam peluang lintas budaya dan interdisipliner yang diperuntukkan bagi penonton baru serta menciptakan, mengembangkan, mengelola, dan menerapkan kurikulum teater National Standard dan Broadway Educational Workshop and Materials untuk mendukung berbagai di seluruh dunia melalui pelatihan, perekrutan, dan pengorganisasian dari tim Broadway Artist dan Profesional.

Peserta Indonesia menuju Broadway – Foto R Satrio

“Ini merupakan kali pertama bagi StudensLive Arts Education Company and Passport to Broadway Internasional bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation dalam program Indonesia menuju Broadway, sebuah program pelatihan Broadway Musical Theatre intensif yang akan melatih para seniman muda bercita – cita tinggi dari seluruh Indonesia dalam keterampilan dan pendidikan seni teater musikal,” tutur Amy Weinstein, Sutradara Artistik dari StudentsLive – Passport to Broadway. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here