Giliran Mahasiswa dan Dosen Osaka University Belajar Budaya di Tembi Rumah Budaya

0
46

Tembi Rumah Budaya Yogyakarta tidak pernah sepi. Kunjungan wisatawan satu telah berlalu disusul oleh wisatawan lainnya. Itulah kenyataannya. Seperti yang terjadi di pertengahan Februari ini, tanggal 19 hari Selasa, Tembi Rumah Budaya Yogyakarta kembali menjadi tujuan mahasiswa dan dosen Osaka University yang sedang melakukan lawatan ke Yogyakarta. Di sela-sela studi banding ke Fisipol UGM, mereka singgah di Tembi RB untuk belajar budaya, antara lain membatik, menari, dan karawitan.

Terlihat mereka sangat menikmati kegiatan budaya. Setiap kegiatan dihayatinya. Seperti saat membatik, setiap goresan canting dituangkan dalam motif-motif batik. Digoreskan dengan lembut. Maka hasilnya begitu sempurna. Hal itu terlihat setelah pewarnaan. Begitu pula ketika bermain karawitan, setiap nada gamelan yang dipukul dirasakan sekali, sehingga dengan mudah mereka dapat terampil menabuh sebuah gending “Sluku-Sluku Bathok”. Tidak lupa, di sela-sela menabuh, mereka meminta pendamping untuk mengabadikan dalam foto dan video.

Gending-gending Jawa yang mengiringi sebuah tari memang juga belum familier di telinga mereka. Namun, ketika mereka serius belajar menari, akhirnya sebuah tarian sederhana bisa mereka gerakkan sesuai lantunan gending-gending tadi. Itulah beberapa kegiatan budaya mereka selama setengah hari belajar di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. (*)

Konten Terkait:  Pelajar MTs Miftahunnajah Gamping Sleman Menikmati Kunjungan di Museum Tembi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here