Pranatamangsa: memasuki Mangsa Surya VIII (Kawolu) umurnya 26 hari, mulai 3 Februari s/d 28 Februari 2019. Candranya: “Anjrah jroning kayun” artinya hujan membawa angin dengan merata, musim kucing kawin, jagung panen, padi menghijau.

Orang yang dilahirkan pada mangsa ini mempunyai wajah simpatik, tetapi wataknya cukupan atau sedang-sedang saja. Dilanjutkan dengan Mangsa Surya IX (Kasanga) usia 25 hari, 1 s/d 25 Maret. Ditandai dengan padi menguning, panen buah-buahan: duku, jeruk, kokosan, langsat. Candranya “Wedharing Wacana Mulya”. Orang yang dilahirkan pada Mangsa Kasanga ini punya sifat grapyak, sumanak atau supel dan pradah, tidak kikir.

Sementara itu, menghitung hari baik, untuk bepergian jauh memakai perhitungan panca suda. Panca artinya lima dan suda dikurangi. Ada lima yang dihitung dengan urutan: 1. Suku, 2. Watu, 3. Gajah, 4. Baya, 5. Ratu. Dikurangi satu yaitu angka yang jatuh pada hitungan. Caranya dengan menghitung neptunya (jumlah angka hari lahir ditambah jumlah angka pasaran). Jika jatuh pada gajah atau ratu berarti baik, tetapi arah perginya jangan menuju ke tempat kala. Sedangkan jika jatuh pada suku, watu atau baya, tidak baik untuk bepergian jauh.

Minggu Kliwon, 24 Februari 2019, kalender Jawa tanggal 18, bulan Jumadilakir, tahun Be 1952, tanggal sangar, tidak baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Minggu + Kliwon, 5 + 8 = 13, jatuh pada perhitungan gajah, baik untuk bepergian jauh, tetapi jangan ke Baratdaya, tempat kala berada. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Senin Legi, 25 Februari 2019, kalender Jawa tanggal 19, bulan Jumadilakir, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Senin + Legi, 4 + 5 = 9, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Selasa Paing, 26 Februari 2019, kalender Jawa tanggal 20, bulan Jumadilakir, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Selasa + Paing, 3 + 9 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Rabu Pon, 27 Februari 2019, kalender Jawa tanggal 21, bulan Jumadilakir, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Rabu + Pon, 7 + 7 = 14, jatuh pada perhitungan baya tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Kamis Wage, 28 Februari 2019, kalender Jawa tanggal 22, bulan Jumadilakir, tahun Be1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Kamis + Wage, 8 + 4 = 12, jatuh pada perhitungan watu, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut NUJU PATI selalu sengsara dan berdukacita.

Jumat Kliwon, 1 Maret 2019, kalender Jawa tanggal 23, bulan Jumadilakir, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Jumat + Kliwon, 6 + 8 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut DEMANG KANDHUWURAN sakit-sakitan.

Sabtu Legi, 2 Maret 2016, kalender Jawa tanggal 24, bulan Jumadilakir, tahun Be 1952, hari baik untuk mantu dan berbagai macam keperluan. Panca suda: Sabtu + Legi 9 + 5 = 14, jatuh pada perhitungan baya, tidak baik untuk bepergian jauh. Untuk pindah rumah disebut MANTRI SINAROJA disenangi orang banyak.

Jika arah berpergian yang akan dituju bertepatan dengan tempat kala berada, dapat disiasati dengan merubah arah sementara, sewaktu meninggalkan rumah. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here