Bicara kuliner ‘blusukan’, biasanya kuliner-kuliner yang ada di tempat terpencil dan sulit dijangkau memiliki rasa yang istimewa, sama seperti Soto Tangkar dan Sate Kuah H Diding yang terletak di dalam Pasar Asemka, di Pasar Pagi Lama, Jakarta Barat. Meski H Diding sendiri sudah almarhum, namanya tetap tersohor karena rasa sotonya konsisten.

Kios kecil Soto H Diding yang berada di cabang Pasar Pagi Lama hanya mampu menampung kurang lebih 8 orang. Kursi plastik tanpa sandaran disusun menghadap meja panjang yang menempel di dinding. Di atas meja tersedia toples emping dan kerupuk lengkap dengan sambal, acar, dan lainnya.

Soto Legendaris H.Diding foto; Titien Natalia

Karena saat tiba di lokasi sudah masuk jam makan siang, Tembi harus menunggu beberapa menit untuk bergantian makan. Soto tangkar campur dan sate bumbu kecap pesanan tembi segera diracik oleh si penjual. Kuah soto berwarna oranye dengan isi daging, babat, lemak, dan usus sangat menggoda, sementara 5 tusuk sate dengan aroma asap bekas bakaran bumbu kecap, bersama irisan tomat dan bawang merah juga tersaji di meja.

Rasa makanan ini tidak sederhana, kuahnya yang kental dengan rasa santan terasa gurih, begitu diseruput, kuah langsung meluncur ke tenggorokan, tanpa meninggalkan rasa lemak yang mengganggu. Jangan lupa tambahkan acar segar dan sambal merah ulek untuk menambah rasa pedas.

Sate Yang Disajikan Tanpa Kuah Soto foto; Titien Natalia

Harga soto plus nasi dibanderol 25,000 rupiah, satenya 20,000 rupiah, porsi sotonya memang tak begitu besar, namun kenyangnya pas, serta harganya yang juga murah meriah.

Soto Tangkar H.Diding foto; Titien Natalia

Meski cabang Jembatan Besi baru dibuka tahun 2005, usaha ini terbilang legendaris karena pusatnya di daerah Kota sudah beroperasi sejak 1960. Jika sedang berjalan-jalan di daerah Kota jangan lupa mampir di Soto Tangkar legendaris ini sambil melihat-lihat barang-barang murah yang juga dijajakan di sepanjang jalan. (*)

Cabang Soto Tangkar H Diding
– Pasar Pagi Lama Los T-28 B&C, Kota

– Jl Jembatan Besi Raya (samping Masjid Al-Jahiriyah)
Jakarta Barat
Telepon: 021-6300608
Jam buka: Senin-Sabtu 08:00-20:00, Minggu tutup

PETA LOKASI:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here