Misteri Candi Jawi yang Memadukan Hindu-Budha

0
44

Candi Jawi secara administrasi berada di Desa Candiwates Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Secara geografis berada di lereng Gunung Welirang, terletak pada ketinggian 285 mdpl, menghadap ke arah Gunung Penanggungan.

Bangunan candi berada di atas sebuah halaman tinggi dikelilingi parit berisi air. Bahan yang digunakan batu andesit warna hitam, merah, abu-abu untuk bagian batur, kaki candi dan sebagian besar batu kapur untuk badan dan atap candi. Pagar halaman, gapura dan parit keliling menggunakan bata merah. Arca-arcanya menggunakan bahan batu andesit hitam abu-abu.

Candi Jawi memiliki struktur bangunan dengan sifat keagamaan ganda. Bagian bawah mengikuti struktur mandala agama Hindu, yaitu adanya relung dan arca pantheon Siwa. Sedangkan puncak atau atapnya mengikuti struktur bangunan agama Budha berupa stupa. Di Candi Jawi inilah raja Kertanegara dicandikan, karena keyakinan agamanya yang ‘ganda’, yaitu Siwa-Budha.

Relief candi Jawi mengambil dari bagian cerita Sutasoma, episode tentang kabar datangnya Pangeran Sotasoma sampai pertemuan antara Pangeran Sotasoma sebagai penjelmaaan Jina tertinggi (Wairocana) dengan Dewi Candrawati sebagai penjelmaan Locana di Istana kristal. Penyatuan seperti inilah yang juga diinginkan oleh Kertanegara.

Relief candi Jawi mempunyai beberapa fungsi. Pertama, sebagai samaya-mandala yaitu sebuah lingkaran seperti diagram psiko-kosmos yang di dalamnya menggambarkan intisari ajaran tantra dengan aksara dan simbol-simbol. Kedua, fungsi estetika yaitu untuk memperindah keseluruhan bangunan.

Ketiga, berfungsi sebagai sarana pendidikan moral dan keagamaan. Keempat, berfungsi sebagai simbol berkenaan dengan penggambaran ‘sakti’ Raja Kertanegara yaitu Sri Bajradewi istrinya. Dalam ajaran Tantra ada gambaran tentang maskulin yang berpasangan dengan feminim.

Judul : Kertanegara & Misteri Candi Jawi. Berdasarkan Negarakertagama, Sutasoma,
Pararaton dan Naskah Jawa Kuna Lainnya
Penulis : Suwardono
Penerbit : Narasi, 2017, Yogyakarta
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : viii + 228

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here