Tak dapat dipungkiri Teater Broadway masih menjadi rujukan utama tiap insan seni drama musikal dunia. Bisa bergabung dalam Teater Broadway jadi impian pelaku seni pertunjukan musikal sampai saat ini, dan baru kali ini di Indonesia kesempatan itu terbuka lebar lewat program Ruang Kreatif Indonesia Menuju Broadway yang diusung Bakti Budaya Djarum Foundation.

Bertempat di Balai Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 2 Februari 2019, digelar audisi Indonesia Menuju Broadway. Sebanyak 672 pendaftar masuk dan diaudisi langsung oleh para juri yakni Renita Sari Adrian (Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation), Garin Nugroho, Ari Tulang, Ufa Sofura, dan Andrea Miranda.

Para Juri Indonesia Menuju Broadway. Foto: Rosiana
Para Juri Indonesia Menuju Broadway. Foto: Rosiana

Dari ratusan peserta tersebut akan dipilih 70 orang yang berhak mendapatkan pembekalan khusus di Jakarta tanggal 20-24 Februari 2019 oleh pengajar langsung dari Teater Broadway. Dari 70 orang akan disaring menjadi 10 peserta terbaik yang akan terbang ke New York untuk pelatihan langsung di Teater Broadway selama 5 hari.

“Setelah berjalan program untuk tim produksi lewat program Ruang Kreatif tahun kemarin, tahun ini kami ingin fokus pada talent-talent baru, khususnya untuk pertunjukan musikal. Saya yakin banyak sekali milenial yang memiliki bakat luar biasa. Saya berharap lewat program ini talent-talent Indonesia punya kesempatan untuk dapat peran di Broadway, Amerika,” kata Renita Sari Adrian.

Broadway memiliki standar tinggi untuk menilai siapa yang pantas bergabung dalam teater mereka, karena itu para juri benar-benar menilai para peserta Indonesia Menuju Broadway dengan cermat.

Ari Tulang Bangga Jadi Juri Indonesia Menuju Broadway. Foto: Rosiana
Ari Tulang Bangga Jadi Juri Indonesia Menuju Broadway. Foto: Rosiana

“Tentunya kami para juri menilai syarat terpenting dalam musikal, yaitu menari, bernyanyi dan berakting sekaligus. Memang tidak mudah, karena kebanyakan di Indonesia ketika bernyanyi ya fokus bernyanyi saja, begitu juga menari dan akting. Karena itu di sini kita membimbing dan mengembangkan sumber daya manusia yang ada,” papar Garin sebagai salah satu juri.

Sementara itu Ari Tulang mengaku bangga dengan bakat-bakat yang dimiliki anak-anak sekarang, sangat jauh berbeda dengan zamannya dahulu.

Saat Juri Sedang Menilai Peserta. Foto: Rosiana
Saat Juri Sedang Menilai Peserta. Foto: Rosiana

“Aku gak nyangka, mereka sangat baik dalam segala hal, lebih berani, bahasa Inggris-nya bagus, dan talentanya luar biasa. Sumber manusianya sudah ada, hanya kesempatannya yang jarang, nah lewat program ini saya berharap ke depannya seni musikal Tanah Air bisa lebih berkembang dan lebih baik,” ujar Ari Tulang. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here