Referensi tentang Pakaian Tradisional dari Sejumlah Daerah

0
12

Pakaian (dan segala kelengkapannya) sebagai salah satu kebutuahan hidup manusia, terbuat dari bermacam-macam benda dan bentuknya juga beraneka ragam. Pakaian mempunyai bermacam-macam fungsi, di antaranya untuk melindungi tubuh (kesehatan), estetika dan status sosial. Pada zaman dulu bahkan ada anggapan, pakaian dari bahan dan bentuk tertentu dapat melindungi pemakainya dari pengaruh jahat yang dilakukan makhluk halus.

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya dengan berbagai ragam dan jenis pakaian beserta fungsinya. Buku ini membahas tentang pakaian tradisional di beberapa daerah di Indonesia, yaitu Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Masing-masing mempunyai bahan, bentuk dan motif tersendiri sebagai ciri khas.

Bahan, bentuk dan motif tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain situasi dan kondisi lingkungan, kemajuan teknologi, serta kemauan dan kemampuan berekspresi dan berinteraksi dengan pihak lain. Yang paling sederhana adalah dari kulit kayu dengan proses yang sederhana pula. Walaupun sederhana tetapi dapat kelihatan indah karena dihiasi dengan motif-motif tertentu atau ditambahi benda lain seperti kerang. Ada pula pakaian dari untaian manik-manik dengan warna yang beraneka ragam.

Bahan lain yang dipakai untuk membuat pakaian adalah kapas dan sutera. Setelah melalui berbagai macam proses (seperti tenun, batik, celup ikat) akhirnya menjadi selembar kain yang siap untuk dibentuk sesuai keinginan. Pakaian-pakaian tradisional yang dibahas dalam buku ini adalah jenis pakaian yang dipakai untuk keseharian, dan saat-saat tertentu seperti saat upacara adat.

Pakaian Tradisional 3
Pakaian Tradisional 3

Judul : Album Pakaian Tradisional Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan,
Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur
Penulis : Soedarso SP, dkk
Penerbit : Depdikbud, 1992/1993, Jakarta
Bahasa : Indonesia dan Inggris
Jumlah halaman : v + 173

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here