Peranan Wanita Menurut Serat Dongeng Randha Darmasari

0
25

Menjadi janda dengan tanggungan anak yang masih kecil memang bukan sesuatu yang mudah. Ia menjadi seorang ibu sekaligus menggantikan peran suami. Harus bisa mencari nafkah sekaligus mendidik anak. Contohnya terdapat dalam cerita Serat Dongeng Randha Darmasari. Serat ini berisi berbagai macam dongeng yang disajikan dalam bingkai cerita antaranak. Yaitu antara Sinta, Rukmi, Landhep dan Lesmi.

Sinta (15 tahun) dan Rukmi (13) adalah anak seorang janda bernama Darmasari yang tinggal di Desa Hargadumaya, di bawah kerajaan Setragonda. Sinta dan Rukmi adalah anak yang baik budi dan mempunyai keterampilan menenun, mengantih dan membatik sebagai mata pencaharian. Nyai Randha Darmasari tentulah merasa beruntung, karena tidak sia-sia dalam mendidik.

Nyai Darmasari memiliki seorang bibi bernama Nyai Pengasih yang tinggal di ibu kota kerajaan Setragonda. Nyai Pengasih mempunyai dua orang anak bernama Landhep dan Lesmi, sebaya dengan Sinta dan Rukmi. Landhep dan Lesmi juga merupakan gadis yang baik budi.

Pada suatu ketika Nyai Darmasari, Sinta dan Rukmi mengunjungi Nyai Pengasih. Mereka menginap selama 17 malam. Sesungguhnya Sinta dan Rukmi tidak betah tinggal di sana, karena tidak ada sesuatu yang bisa dikerjakan seperti di desa. Untuk mengurangi kebosanan akhirnya Sinta, Rukmi, Landhep dan Lesmi bergantian bercerita atau mendongeng setiap malam sebelum tidur. Cerita keempat gadis inilah yang menjadi isi pokok buku ini.

Cerita yang dikisahkan merupakan cerita pendek, beraneka ragam, dengan bahasa sederhana seperti cerita anak, sejumlah 87 kisah. Di samping merupakan dongeng juga ada cangkriman atau tebakan, rerepan (nyanyian pujian) dan piwulang atau ajaran kebaikan. Banyaknya cerita yang mereka miliki, tentu saja tidak lepas dari peranan orang tua dalam hal ini Nyai Darmasari dan Nyai Pengasih. Sebagai ibu mereka mendidik anaknya dengan berbagai cerita selain tentu saja contoh secara langsung.

 

Judul : Kajian Peranan Wanita dalam Naskah Kuna Serat Dongeng Randha
Darmasari.
Penulis : Suyami, Endah Susilantini
Penerbit : BPNB, 2018, Yogyakarta
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : x + 229

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here