Perkembangan dunia digital, termasuk telepon seluler yang dilengkapi dengan kamera, membuat setiap orang ingin mengabadikan setiap kegiatannya, termasuk ketika berkunjung ke museum. Maka museum dewasa ini tidak hanya menampilkan koleksinya, tetapi juga sudah banyak yang memberi ruang untuk berselfie kepada pengunjung. Tentu saja ruang-ruang yang disajikan itu sesuai dengan tema museumnya. Salah satu museum di Yogyakarta yang terus berbenah mengikuti selera pengunjung adalah Museum Monumen Yogya Kembali (Monjali).

Spot selfi indoor seting senjata museum Monjali Yogyakarta. Foto: Suwandi
Spot selfi indoor seting senjata museum Monjali Yogyakarta. Foto: Suwandi
Spot selfi replika tandu Sudirman di museum Monjali. Foto: Suwandi
Spot selfi replika tandu Sudirman di museum Monjali. Foto: Suwandi

Tempat ini, sudah dilengkapi dengan taman lampion di malam hari, yang bisa digunakan untuk ber-selfi (swafoto) ria di malam maupun di siang hari. Selain itu, Museum Monjali juga menyediakan spot-spot untuk berswafoto bagi pengunjung. Ada beberapa spot baru di Monjali, terutama berada di lantai dasar. Setidaknya ada empat spot untuk berswafoto bagi pengunjungnya. Tempat-tempat itu selain dilengkapi backdrop pemandangan, juga disediakan koleksi-koleksi senjata atau lainnya, yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berswafoto. Dengan demikian, pengunjung punya lebih banyak pilihan ketika berkunjung ke museum, tidak hanya melihat dan be-rselfie dengan koleksi, yang memang tidak boleh disentuh, tetapi juga bisa berswafoto sambil bergaya di area spot tersebut.
Kenyataan ini tentu akan semakin menarik bagi pengunjung untuk lebih semakin sering berkunjung ke museum. Selain itu dengan ditampilkannya spot-spot ini membuat museum tidak membosankan dan lebih hidup. Walaupun hal itu sebenarnya hanya sebagai sarana tambahan, namun sepertinya sangat mendukung keberadaan setiap museum, sebagai pelengkap fasilitas lain, seperti mushola, tempat parkir, toilet, kafe, toko suvenir, dan lainnya. Tentu hal itu dapat menjadi kenangan tersendiri bagi pengunjung, selain tentunya koleksi museum yang menjadi andalannya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here