Es Grontol nan Memikat Selera

0
73
Es Grontol WD Pulo Segaran Tembi yang klethis-klethis dan kenyil-kenyil. Foto: A. Sartono
Es Grontol WD Pulo Segaran Tembi yang klethis-klethis dan kenyil-kenyil. Foto: A. Sartono

Pernah dengan istilah atau nama “grontol”? Grontol adalah makanan atau jajanan yang terbuat dari biji jagung tua yang direbus dalam waktu yang lama sehingga merekah (seperti pop corn), yang dicampur dengan parutan kelapa yang diperciki sedikit garam lembut atau gula halus. Makanan ini biasa dijajakan di pasar tradisional Jawa masa lalu. Umumnya grontol dipajang di atas nyiru bersama dengan jenis jajanan lain seperti thiwul, cenil, atau gathot.

Grontol menginspirasi Warung Dhahar (WD) Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya untuk kemudian mengkreasikannya menjadi suguhan berupa minuman yang dinamakan Es Grontol. Sekalipun demikian, grontol yang digunakan oleh WD Pulo Segaran bukanlah grontol dari jagung biasa, melainkan dari jagung manis pilihan. Dengan demikian, grontol yang kemudian diramu menjadi Es Grontol ini terasa berbeda. Jika grontol biasa berasa hampir seperti nasi, namun grontol dalam Es Grontol berasa mendekati buah yang jika digigit atau dikunyah akan terasa “klethis-klethis” dan segera melelehkan rasa manis di lidah.

Es Grontol ala WD Pulo Segaran Tembi bukan hanya berisi grontol (jagung manis) dan es. Namun komposisinya adalah jagung manis, kolang kaling, kelapa muda, selasih, nata de coco, sirup, susu kental manis, dan es. Minuman terasa cocok diminum pada musim apa pun. Kesegaran, kenikmatan, dan sensasi klethis-klethis manis jagung manis serta selasih dengan kiyal-kiyal dan kenyil-kenyil kolang-kaling, nata de coco serta kelapa muda menjadikan es ini terasa istimewa.

Komposisi tersebut menjadikan sajian ini tidak saja cantik pada penampilan, namun juga nikmat di lidah dan menyehatkan. Itulah Es Grontol dari WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya yang ditawarkan dengan harga Rp 12.500. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here