Udang Hula Hula nan Cantik Menawan dan Sedap

0
46
Udang Hula Hula dari WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A.Sartono
Udang Hula Hula dari WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A.Sartono

Pernah menyaksikan hula dance atau sering juga disebut Tari Hula Hula yang berasal dari Hawaii ? Ada nuansa keceriaan atau kegembiraan yang ditingkah dengan gerak lincah tangan, kaki, dan pinggul yang sekaligus juga anggun dalam tarian ini. Iringan musik dan nyanyian khas irama Lautan Teduh menjadikan sajian tarian ini mempesona sekaligus menggembirakan dan mendorong orang untuk ikut menari dan bergoyang.

Inspirasi dari tarian itulah yang dituangkan menjadi masakan bernama Udang Hula Hula di Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya, Bantul. Ketika diolah di atas wajan, udang-udang pilihan dengan size 40 itu dibayangkan seperti sosok-sosok yang rampak menari, digoyang-goyangkan di atas permukaan wajan yang panas yang sekaligus sarat dengan bumbu-bumbu yang diperlukan. Sebelumnya, udang-udang yang telah dibersihkan digoreng dulu dalam baluran kocokan telur berbumbu. Usai itu barulah udang tersebut “menari” di wajan dengan aneka bumbu rempah, di antaranya adalah bawang bombai, cabe teropong merah, daun bawang, telur ayam, lada, garam, dan lain-lain. Hasilnya, jadilah Udang Hula Hula.

Bawang bombay, daun bawang, telur kocok, tepung teriyaki, dan lain-lain yang menari-nari bersama udang di atas wajan panas ini akhirnya membentuk taburan yang khas dan kuat aroma rempah dan karenya. Taburan kremes berbumbu dengan daun bawang, bawang bombay, dan irisan-irisan cabai terobong ini menjadikannya kelengkapan yang utama bagi hadirnya Udang Hula Hula. Kehadirannya menjadi penyempurna sajian udang. Rasanya benar-benar menggugah selera. Sajiannya pun cantik menawan.

Detail Udang Hula Hula di WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A.Sartono
Detail Udang Hula Hula di WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A.Sartono

Udang Hula Hula ini cocok banget disantap di saat musim hujan seperti bulan Januari ini. Apalagi ditemani nasi pulen yang putih panas. Anda bisa mendapatkan sajian ini di WD Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya dengan harga Rp 36.000. Harga yang sangat bersahabat untuk sajian hebat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here