Telaah Ilmiah Ilmu Titen Masyarakat Jawa

0
43

Secara harafiah pranata mangsa berasal dari kata pranata yang berarti aturan dan mangsa yang berarti waktu, musim atau periodisasi iklim di bumi yang disebabkan karena perubahan serta pergeseran garis edar matahari. Peredaran matahari mempunyai siklus 365 atau 366 hari, yang kemudian dibagi menjadi 12 mangsa. Keduabelas mangsa ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Orang Jawa mengetahui perbedaan ini berdasarkan pengamatan dan penelaahan dari kejadian yang berulang kali. Mereka menyebutnya dengan ilmu titen, suatu kebiasaan yang mendidik orang-orang Jawa bagaikan ilmuwan, dengan mengamati, merekam, menganalisis dan menguji hipotesis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman. Pranata mangsa merupakan sains kultural bagi masyarakat Jawa yang penuh kearifan lokal.

Pranata mangsa memiliki latar belakang kosmografi (pengukuran posisi benda langit) serta bioklimatologi. Latar belakang kosmografi menekankan pada pemahaman bahwa pranata mangsa dihitung berdasarkan keadaan benda-benda di langit atau rasi bintang, khususnya lintang waluku atau rasi orion. Secara bioklimatologi pranata mangsa menggunakan tanda-tanda yang diberikan oleh perilaku hewan dan tumbuhan serta arah angin.

Pranata mangsa adalah budaya yang mengajarkan bahwa manusia berhubungan erat dengan alam dan berbagai peristiwanya. Pranata mangsa membantu para petani (dan juga nelayan) dalam mengatur kehidupannya, baik saat panen raya maupun saat paceklik. Sebagai pengetahuan fenomenologi, pranata mangsa menekankan agar orang belajar dan mau memahami bagaimana ekosistem bekerja dan dampaknya terhadap manusia. Dengan demikian seseorang diharapkan dapat mengambil tindakan yang tepat terhadap alam.

Judul : Pranata Mangsa dalam Tinjauan Sains
Penulis : Rif’ati Dina Handayani, Zuhdan Kun Prasetyo, Insih Wilujeng
Penerbit : Calina Media, 2018, Ponorogo
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : viii + 128

Konten Terkait:  Aneka Jenis Duduk dalam Masyarakat Jawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here