Ingkung Banyak Bakar Ala WD Pulo Segaran Tembi yang bisa dinikmati oleh 10-12 orang. Foto: A.Sartono
Ingkung Banyak Bakar Ala WD Pulo Segaran Tembi yang bisa dinikmati oleh 10-12 orang. Foto: A.Sartono

Ingkung ayam atau bebek barangkali sudah biasa kita santap, namun ingkung angsa rasanya belum begitu lumrah. Di samping bahan bakunya tidak segampang ayam dalam memperolehnya di pasar, angsa juga berukuran jauh lebih besar daripada ayam. Jadi, jika menjadi menu santapan umumnya juga berharga lebih mahal daripada ayam atau bebek. Sekalipun demikian, satu ingkung angsa mencukupi untuk disantap 10-12 orang. Jadi, jika dihitung harga per porsinya bisa menjadi jauh lebih murah.

Selain itu, banyak orang yang belum mengetahui akan khasiat dari daging angsa karena angsa memang relatif jarang dikonsunsi seperti ayam atau bebek. Beberapa khasiat daging angsa adalah sebagai berikut: memenuhi sumber protein hewani, baik untuk kesehatan jantung. Mengapa baik untuk kesehatan jantung? Ya, karena minyak/lemak angsa menyerupai minyak zaitun, yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Anda yang memiliki riwayat keturunan sakit jantung, ada baiknya mengonsumsi daging angsa. Lebih baik lagi jika disertai olah raga teratur dan konsumsi sayur hijau serta buah. Daging angsa juga merupakan sumber energi yang baik. Daging angsa cocok bagi anda yang loyo dan kurang bertenaga.

Daging angsa juga memenuhi kebutuhan untuk vitamin A dan B1. Selain itu, juga menguatkan sistem imun, menambah stamina, daging angsa juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Itulah beberapa khasiat dari daging angsa yang mungkin kurang diketahui oleh umum. Di samping itu, daging angsa juga lezat. Tubuhnya yang besar menjadikannya dapat disantap oleh 10-12 orang dalam menu makan kembulan (makan bersama).

Satu Paket Ingkung Banyak Bakar yang ditawarkan oleh WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A.Sartono
Satu Paket Ingkung Banyak Bakar yang ditawarkan oleh WD Pulo Segaran Tembi. Foto: A.Sartono

Bulan Desember ini, sekaligus di dalamnya ada hari besar Natal, plus menjelang tahun baru, ada juga libur panjang, dan lain-lain rasanya sangat cocok jika disambut dan dirayakan dengan Ingkung Banyak (Angsa) Bakar Ala Tembi. Itulah menu yang ditawarkan Warung Dhahar Pulo Segaran Tembi Rumah Budaya untuk bulan Desember 2018 ini. Angsa utuh yang isi perutnya dikeluarkan dan dicuci bersih serta kemudian diperam dalam rempah-rempah menjadikan serat dagingnya demikian lezat oleh karena resapan bumbu rempahnya. Pengolahan yang cermat dan tepat menjadikan daging angsa tidak keras atau alot, melainkan lunak atau “moprol”. Artinya, begitu kita jumput dagingnya tulangnya akan mudah terlepas.

Konten Terkait:  Pameran 4 Sehat 5 Sempurna: Bersama Menuju Sempurna
Sayur Bunga Pisang sebagai kelengkapan menu Ingkung Banyak Bakar. Foto: A.Sartono
Sayur Bunga Pisang sebagai kelengkapan menu Ingkung Banyak Bakar. Foto: A.Sartono

Menu lengkap Ingkuing Banyak Bakar Ala Tembi terdiri dari satu ingkung angsa utuh, aneka lalapan, sambal, sayur jantung (bunga pisang), dan nasi gurih. Satu porsi menu lengkap Ingkung Banyak Bakar dihargai Rp300.000. Jika menu ini disantap 10 orang maka masing-masing orang rata-rata hanya akan membayar Rp30.000 saja. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here