Koleksi Baru di Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa Yogyakarta

0
17
Halaman sampul majalah Daulat Ra'jat. Foto: Suwandi
Halaman sampul majalah Daulat Ra'jat. Foto: Suwandi

Perpustakaan Museum Dewantara Kirti Griya (DKG) Tamansiswa Yogyakarta mendapatkan hibah majalah lama dari Prof Dr Sri Edi Swasono. Majalah tersebut berjudul Daulat Ra’jat. Majalah itu sudah dalam bentuk buku, terdiri dari dua jilid. Diterbitkan ulang oleh Yayasan Hatta beralamat di Jalan Diponegoro, Jakarta tahun 2002. Penerbitan oleh Yayasan Hatta untuk memperingati Satu Abad Bung Hatta. Majalah dihibahkan ke perpustakaan dan tercatat pada bulan April 2018. Majalah dua jilid tersebut sekarang menjadi koleksi perpustakaan Museum DKG Yogyakarta.

Halaman iklan di majalah daulat Ra'jat. Foto: Suwandi
Halaman iklan di majalah daulat Ra’jat. Foto: Suwandi

Menurut beberapa sumber, majalah Daulat Ra’jat (ejaan sekarang: Daulat Rakyat) diterbitkan antara tahun 1931—1934. Majalah ini terbit setiap 10 hari sekali. Setiap terbit harganya 15 sen. Alamat redaksi di Gang Lontar IX/42 Batavia-Centrum (sekarang: Jakarta). Majalah ini diterbitkan oleh Partai Pendidikan Nasional Indonesia. Beberapa anggota redaksi dan penulis di majalah ini antara lain: Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, Suparman, dan Abdul Murad. Di majalah ini pula, banyak tulisan Mohammad Hatta tentang politik dan ekonomi, yang nantinya mengantarkannya dibuang ke Tanah Merah (Bovel Digul, Papua) oleh pemerintah Hindia Belanda.

Buku ini diterbitkan untuk memperingati satu abad Bung Hatta. Foto: Suwandi
Buku ini diterbitkan untuk memperingati satu abad Bung Hatta. Foto: Suwandi

Seperti majalah-majalah lain yang terbit kala itu, di antara halaman berita dan artikel, diselipi halaman-halaman iklan. Sepertinya majalah ini cukup banyak peminatnya, karena setiap terbit, iklannya cukup banyak. Selain itu, majalah ini diminati pembaca karena banyak menampilkan artikel dari tokoh-tokoh penting bangsa Indonesia kala itu. (*)

Konten Terkait:  Tradisi Nyanggring, Kearifan Lokal Guna Menjaga Sumber Air

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here