Kumpulan Pemikiran Tajam Soekarno yang Dimuat di Surat Kabar

0
51

Ada sebuah kalimat ‘pena bisa lebih tajam daripada pedang’. Yang dimaksud dengan pena di sini adalah kata. Bila pedang sekali bekerja hanya dapat mengenai satu dua orang, kata-kata dapat mengenai banyak orang bahkan mungkin ribuan. Kata-kata yang diucapkan atau ditulis oleh satu orang dapat membakar semangat banyak orang. Entah semangat untuk menuju kebaikan atau sebaliknya menuju keburukan.

Buku ini berisi berbagai ide dan gagasan Soekarno tentang masa depan Indonesia yang dimuat dalam berbagai surat kabar masa itu. Seperti Suluh Indonesia Muda, Panji Islam dan Pikiran Rakyat. Soekarno adalah salah satu tokoh pergerakan yang nantinya menjadi presiden pertama Republik Indonesia. Ia menentang segala bentuk penjajahan, dan mengatakan bahwa setiap insan mempunyai martabat yang sama. Setiap bangsa dan negara mempunyai hak untuk merdeka, berkedudukan sejajar, bebas menentukan nasibnya sendiri, menuju rakyat sejahtera dan bahagia. Juga bebas dalam menentukan bentuk negara, ideologi, dasar atau paham yang dipakai tanpa campur tangan negara lain.

Isi tulisan Soekarno ini adalah menyoroti Indonesia di masa tersebut dan juga perkembangan dunia, apa yang bisa diserap dan dipakai oleh bangsa Indonesia. Tulisan-tulisan tersebut tentu saja membuat penjajah khawatir, sehingga Soekarno sampai masuk penjara. Tapi penjara tidak pernah membuatnya jera demi masa depan Indonesia. Dan masa depan yang gemilang hanya dapat dicapai apabila seluruh rakyat bergerak.

Judul : Mencapai Indonesia Merdeka
Penulis : Ir. Soekarno
Penerbit : Sega Arsy, 2015, Bandung
Bahasa : Indonesia
Jumlah halaman : 152

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here