Salah salah satu warisan budaya yang ada di Siak, Provinsi Riau, adalah Makam Koto Tinggi. Makam ini merupakan kompleks makam raja-raja Siak. Di antara sekian makam raja-raja Siak tersebut terdapat makam Sulta Assyaidis Syarif Ibrahim Abdul Jalil Khaliluddin (Sultan Siak VII), Sultan Assyaidis Syarif Ismail Abdul Jalil Jalaluddin (Sultan Siak IX), Sultan Syarif Kasim I (Sultan Siak X), Sultan Assyaidis Syarif Hasim Abduljalil Syaifuddin (Sultan Siak XI), dan makam-makam kerabat raja yang lain.

Kompleks Makam Koto Tinggi terletak di pusat Kota Siak, Kabupaten Siak, di Jl Sultan Ismail Siak Sri Indrapura. Nisan-nisan di kompleks makam ini berpola hias (ukiran) cukup rumit dan indah. Nisan terbuat dari batu marmer dan kayu. Kompleks Makam Koto Tinggi berukuran 15 m x 15 m. Bangunan (cungkup) makam memiliki enam buah pintu dengan ambang pintu berbentuk lengkungan. Pintu berjumlah enam buah itu terletak di bagian depan dan samping kiri bangunan. Atap bergaya tumpang satu. Gerbang menuju kompleks makam berbentuk gapura padureksa dengan pintu masuk (tanpa daun pintu) sejumlah tiga buah. Satu pintu berukuran besar diapit dua buah pintu berukuran lebih kecil di kanan kirinya. Pintu semuanya berbentuk lengkungan pada bagian atas (ambang) pintu masuk.

Cungkup sisi dalam makam Sultan Siak XI. Foto: A. Sartono
Cungkup sisi dalam makam Sultan Siak XI. Foto: A. Sartono

Pada sisi dalam makam juga terdapat cungkup dengan ukuran relatif kecil yang menaungi lebih dari satu nisan. Nisan dengan cungkup di bagian dalam bangunan ini merupakan nisan-nisan yang penting bagi keluarga dan keturunannya, misalnya Sultan Siak XI. Cungkup di bagian dalam juga kaya dengan ragam hias berupa motif sulur-suluran yang dipadukan dengan kalimat-kalimat berhuruf Arab serta simbol-simbol keislaman seperti bulan sabit dan bintang yang berdiri di atas mustaka kecil berbentuk segitiga. Jika dilihat dari kejauhan maka cungkup Sultan Siak XI ini menyerupai bentuk masjid yang megah dan indah.

Nisan Sultan Siak XI (Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddiln). Foto: A. Sartono
Nisan Sultan Siak XI (Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddiln). Foto: A. Sartono

Makam Koto Tinggi merupakan salah satu warisan budaya di Siak yang hingga kini menjadi salah satu objek kunjungan wisata dan ziarah. Letak Makam Koto Tinggi tidak terlalu jauh dari objek-objek wisata budaya lain di Siak seperti Istana Siak Sri Indrapura, Kelenteng, dan objek wisata lain. (*)

Sumber: http://www.pesonasiak.id/wisata/5/komplek-makam-koto-tinggi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here