Perayaan sekaten di Keraton Yogyakarta dan Surakarta selalu dilaksanakan pada bulan Mulud (bulan Jawa) dari dulu hingga sekarang. Perayaan sekaten itu juga dimeriahkan oleh berbagai mainan rakyat dan kaum pedagang musiman. Mainan rakyat di sekaten dari dulu hingga sekarang, di antaranya adalah komidi putar, ombak bayu, dan tong setan. Permainan yang agak modern yang baru ada akhir-akhir ini seperti bianglala, kora-kora, bom-bom car, mandi bola, dan sejenisnya.

Halaman depan majalah Kajawen yang memuat gambar sekaten di Kraton Surakarta tahun 1938. Repro: Suwandi
Halaman depan majalah Kajawen yang memuat gambar sekaten di Kraton Surakarta tahun 1938. Repro: Suwandi

Suasana perayaan sekaten dari waktu ke waktu di dua tempat tersebut juga selalu diekspos oleh para wartawan untuk menghiasi majalah atau surat kabar. Kalau sekarang juga mewarnai di media internet. Salah satu majalah terbitan zaman kolonial yang pernah memuat perayaan sekaten adalah Majalah Kajawen. Majalah ini berbahasa dan beraksara Jawa, mulai terbit tahun 1926. Perayaan sekaten dimuat di majalah ini pada edisi 40, tanggal 18 Mei (18 Mulud) 1938. Bahkan foto perayaan sekaten untuk menghiasai halaman depan.

Salah satu sudut keramaian sekaten di Kraton Yogyakarta tahun 2017. Foto: Suwandi
Salah satu sudut keramaian sekaten di Kraton Yogyakarta tahun 2017. Foto: Suwandi

Gambar berikut adalah suasana perayaan sekaten yang terjadi di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Surakarta) tahun 1938. Terlihat perayaan sekaten ketika itu sudah begitu meriah dan ramai, walaupun kelihatan sekali pengunjung sekaten belum seramai sekarang ini. Salah satu permainan yang terlihat adalah komidi putar. Di atas gambar ada caption berbunyi “Sekatenan ing Surakarta”, artinya sekaten di Surakarta. Sementara di bawah gambar tertulis caption “Untabipun tetiyang wonten papan sekatenan ing alun-alun Surakarta”, artinya hilir mudik orang-orang yang berada di perayaan sekaten di alun-alun utara Keraton Surakarta. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here