Sekolah Cerdas Muthahhari (SCM) Bandung Jawa Barat pada Rabu 14 November 2018 melakukan wisata budaya ke Tembi Rumah Budaya Bantul Yogyakarta. Delapan bulan yang lalu tepatnya bulan Maret, sekolah ini juga telah datang ke Tembi untuk melakukan kegiatan yang sama. Kiranya kehadiran sekolah ini ke Tembi, karena mereka cocok dengan nuansa Tembi yang mampu mengajarkan anak-anak didik untuk belajar budaya Jawa. Banyak kegiatan yang membuat mereka untuk nantinya bisa mandiri di masyarakat. Kali ini jumlah mereka sebanyak 37 siswa-siswi dari kelas VI.

Konten Terkait:  Mahasiswa Osaka University Jepang Belajar Budaya di Tembi

Kegiatan yang mereka lakukan di Tembi Rumah Budaya adalah belanja di pasar tradisional Kepek Bantul dengan naik sepeda. Diharapkan anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan pedagang dan menawar barang. Kemudian mereka juga diajari memasak sayur. Kali ini yang dimasak adalah sayur garang asem daging ayam. Bumbu-bumbu mereka kupas sendiri, begitu juga cara memasaknya. Setelah itu mereka istirahat untuk makan siang dengan menu makanan tradisional khas Tembi.

Kesan mereka semakin lengkap karena mereka juga menginap di rumah inap ala pedesaan di Tembi Rumah Budaya. Suasana yang nyaman, karena rumah inap dilengkapi dengan kolam renang konsep “belik” yang airnya sungguh gemericik dan jernih. Apalagi suasana malam yang nyaman, ditemani suara kodok dan belalang, membuat tidur mereka semakin nyaman. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here