Pemenang Indonesia Menari 2018 mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta. Sebelumnya Bakti Budaya Djarum Foundation menyelenggarakan Indonesia Menari 2018 di empat kota di Indonesia. Para peserta dapat mengikuti acara tersebut dengan gratis atau tanpa dipungut biaya.

Pada acara yang diselenggarakan 11 November 2018 panitia memberikan untuk kategori kelompok hadiah juara satu mendapatkan Rp 25.000.000, juara dua Rp 20.000.000, juara tiga medapatkan Rp 15.000.000 dan juara favorit mendapatkan Rp 10.000.000. selain itu, akan ada hadiah satu unit laptop 10 inch persembahan dari blibli.com yang dipersiapkan untuk lima orang pemenang kategori individu.

Tak hanya itu kelompok atau individu yang terpilih melaju ke babak final dan mendapatkan uang subsidi Rp 3.000.000 untuk masing – masing kelompok serta individu. Selain itu dipilih juga pemenang kostum terbaik untuk kelompok Jakarta, Bandung, dan Solo serta untuk tiga individu terpilih di Semarang.

Pada Indonesia Menari 2018 di Jakarta pemenang kategori individu yaitu Faiha Raisa Fitri, Muhamad Surharyanto, Befatia Alsarahmadani, Rizki Arfan, dan Nuke Fernanda. Sedangkan untuk kategori kelompok, juara satu didapatkan oleh Shiva nataraja, juara dua Pic A Bo, juara tiga Kenar’s Crew, juga juara favorit diperoleh Sentra Dance Studio.

Saat Membacakan Pemenang Indonesia Menari 2018. Foto: Raden Satrio
Saat Membacakan Pemenang Indonesia Menari 2018. Foto: Raden Satrio

Hadiah yang diberikan kepada para pemenang Indonesi Menari ini akan diberikan berupa subsidi, yang dapat digunakan untuk kebutuhan kelompok tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Sanggar Andika, juara satu kategori kelompok Indonesia Menari 2016.

Kelompok ini menggunakan subsidi untuk mendanai kostum dan keperluan lainnya untuk menjalankan misi budaya dalam memperkenalkan tarian Indonesia ke Taiwan dan ke Ceko. Di dalam negeri, mereka juga kerap mengikuti berbagai lomba tari tradisional dan baru saja menorehkan prestasi menjadi juara satu lomba jaipong.

Konten Terkait:  Wayang Suket Indonesia Tampilkan Cerita Rakyat Roro Jonggrang

Demikian dengan Rentak Harmoni yang meraih juara kelompok favorit Indonesia Menari 2018, dan kembali mencoba peruntungan di Indonesia Menari 2015 dan berhasil meraih juara dua kategori kelompok. Mereka menggunakan hadiah ini untuk menandai program musikal mereka dimana sebagian hasil penjualan tiket tersebut didonasikan untuk membantu pendidikan di daerah terpencil Tanah Air.

Juri Indonesia Menari 2018 di Jakarta. Foto: Raden Satrio
Juri Indonesia Menari 2018 di Jakarta. Foto: Raden Satrio

Sedangkan Sanggar Ratih Ayu yang meraih juara satu kategori kelompok Indonesia Menari 2013 menggunakan subsidi ini untuk kebutuhan kostum dan keperluan sanggar dalam mempersiapkan kelompok mereka ke berbagai kompetisi tari lainnya yang menorehkan sejumlah prestasi – prestasi baru bagi Sanggar Ratih Ayu.

“Ini merupakan penghargaan tersendiri bagi kami bagaimana subsidi yang diberikan kepada para pemenang Indonesia Menari ini membuka jalan bagi mereka untuk menorehkan berbagai prestasi lainnya. Semoga apa yang dilakukan oleh para pemenang Indonesia Menari ini dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk mencintai tarian nusantara,” ujar Renitasari Adrian Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Rizki Arfan salah satu pemenang favorit lima besar kategori individu, mengatakan sangat senang dan bersyukur karena bisa menjadi salah satu pemenang di ajang tersebut. Namun dirinya sempat mengalami kendala dalam menentukan kostum karena harus menampilkan kostum yang unik dan berbeda dengan peserta lain.

“Seneng banget alhamdulilah karena tahun ini bisa ikut, karena tahun sebelumnya tidak bisa ikut, serta dikasih kesempatan untuk masuk lima besar bersyukur banget, juga terima kasih kepada Indonesia Menari ,” ujar Rizki saat diwawancarai Tembi.net (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here