Rujukan bagi Anda yang Ingin Lebih Mengenal Wayang Purwa

0
14
Janturan dan Pocapan dalam Wayang Kulit
Janturan dan Pocapan dalam Wayang Kulit

Wayang purwa (ringgit purwa = Jawa halus) adalah salah satu jenis kesenian yang terkenal. Agar ketika dipentaskan menarik perhatian, seorang dalang harus ‘menguasai’ atau mumpuni tentang seluk-beluk wayang purwa dan pementasannya. Di antaranya adalah masalah janturan dan pocapan.

Janturan adalah rangkaian kata atau bahasa yang diucapkan dalang untuk menceritakan suatu adegan, mirip dengan narasi dalam drama modern atau film. Hanya dalam janturan, vokal dalang diatur sedemikian rupa, sehingga mempermudah penonton mengikuti alur dan suasana cerita. Bahkan tidak jarang emosi penonton ikut terbawa. Janturan mempunyai ‘bahasa khusus’ dengan aturan tertentu. Biasanya seorang dalang mengucapkan janturan dengan khidmat, diiringi gamelan yang dibunyikan perlahan dan lirih. Bagian gamelan atau ricikan yang dipakai adalah gender, rebab, kendhang, kenong dan gong. Melalui janturan dalang memberikan informasi ringkas tentang lokasi adegan, para tokoh, watak dan karakter tokoh serta apa yang sedang dibahas para tokoh tersebut.

Pocapan mirip dengan janturan, bedanya pada iringan. Melalui pocapan, dalang melukiskan situasi dan suasana tertentu dalam pertunjukan wayang. Pocapan tidak diiringi suara gamelan, tetapi yang dibutuhkan adalah dhodhogan kothak dengan suasana sereng atau kepyak. Tetapi ini juga bukan aturan baku, karena pocapan juga dapat menggunakan iringan gamelan. Tetapi baik dalam janturan maupun pocapan ada dua hal yang pokok yaitu susunan bahasa dan lagunya.

Bagi yang ingin mengetahui dan mempelajari tentang janturan dan pocapan, buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan. Di dalamnya tertulis beberapa contoh tentang janturan dan pocapan.

Judul : Janturan dan Pocapan Ringgit Purwo
Penulis : Anom Sukatno, S. Kar
Penerbit : Cendrawasih, 1993, Surakarta
Bahasa : Jawa halus (krama inggil)
Jumlah halaman : iii + 97

Konten Terkait:  Kartun Mas Bekel

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here